Anggota DPR RI Darizal Basir Berikan Lima Ratus Rapid Test Gratis Bagi Masyarakat

Painan (Rangkiangnagari) - Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat, H.Darizal Basir, menggelar rapid test gratis bagi masyarakat Nagari Salido dan Nagari Sago Salido,Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan. Kegiatan yang berlangsung Sabtu (12/9) di Los Balai Lamo, Kenagarian Salido tersebut, bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah itu.

Pelaksanaan rapid test gratis itu bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Muhammad Zein Painan dan Pemerintah Nagari Salido.  Kegiatan itu dilakukan dalam rangka Kundapil 7 Masa Persidangan I Tahun 2020-2021.

Camat IV Jurai, Mirza Iswandi, pada kesempatan itu mengatakan, rapid test massal sangat tepat, karena Kecamatan IV Jurai telah menjadi zona merah Covid-19. Kini, para pasien positif Covid-19 menjalani isolasi mandiri, dan rata-rata kondisi kesehatan pasien telah berangsur membaik.

"Saya minta pasien positif Covid-19 tidak dikucilkan, karena Covid-19 bukan sebuah aib. Masyarakat juga diminta patuhi protokol kesehatan. Atas nama pemerintah saya menyampaikan terima kasih pada Anggota DPR RI, Darizal Basir yang telah menunjukkan kepedulian dalam upaya pencegahan Covid-19 melalui kegiatan rapid test gratis bagi masyarakat," ucapnya.

Direktur RSUD dr Muhammad Zein Painan, dr.Sutarman mengungkapkan, rapid test adalah pemeriksaan cepat untuk mendeteksi apakah virus corona pernah bersarang dalam tubuh dan mengetahui imun tubuh.

Apabila hasil pemeriksaan rapid test reaktif, maka dilanjutkan dengan tes swab dan yang bersangkutan menjalani isolasi. 

Dikatakan, pencegahan virus corona harus dilakukan secara bersama-sama dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Sebenarnya virus corona tidak menakutkan seperti wabah sebelumnya seperti sars dan mars. Akan tetapi daya penyebarannya memang sangat cepat yakni menular dari manusia ke manusia," ujarnya. 

Ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada  Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat, H.Darizal Basir yang turut andil melakukan pencegahan penularan virus corona dengan melakukan rapid test gratis pada masyarakat.

Sementara Anggota DPR RI, H.Darizal Basir melalui Staf Ahlinya, Doni Harsiva Yandra  pada kesempatan itu mengatakan, kegiatan rapid test dilakukan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Dikatakan, kegiatan itu dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama diikuti sebanyak 500 orang. Dengan rincian, 400 orang masyarakat Nagari Salido dan 100 orang masyarakat Nagari Sago. 

"Mari kita berdoa memohon kepada Allah SWT agar pasien positif Covid-19 segera sembuh dan tidak ada lagi kasus baru di daerah ini. Selanjutnya, diminta pada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, berolahraga dan konsumsi makanan sehat," ajaknya.

Ia juga berharap kegiatan tersebut memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19 di wilayah ini. 

"Kami menyampaikan terima kasih pada pihak RSUD dr. Muhammad Zein Painan, Pemerintah Nagari Salido, Pemerintah Nagari Sago dan semua pihak lainnya yang telah mendukung kegiatan tersebut," ucapnya. (Dodi)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.