Latest News

Komit Dengan Birokrasi Efektif Dan Efisien, Riza Falepi Raih Anugerah Meritokrasi Dari KASN RI

Jakarta (RangkiangNagari) - Mengawali tahun 2021, Wali Kota Riza Falepi meraih penghargaan Anugerah Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Republik Indonesia Kategori Baik dalam kegiatan penyerahan Surat Keputusan, dan Piagam Penghargaan Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN di Instansi Pemerintah, Kamis, (28/1) di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara Jakarta.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI Makruf Amin secara daring, dan dihadiri oleh peraih penghargaan dari 13 Menteri dan Sekretaris Kabinet, 8 Kepala Lembaga Negara, 10 Gubernur, 12 Bupati, dan 8 Wali Kota se Indonesia.

Selain diraih oleh Gubernur Sumatera Barat, menariknya hanya Kota Payakumbuh dan Kota Bukittinggi sebagai daerah di Sumbar yang meraih penghargaan Anugerah Meritokrasi Kategori Baik yang diserahkan langsung oleh Ketua KASN RI bersama Wakil Ketua KASN RI dan juga Ketua KPK RI Firly Bahuri.

Menurut Ketua KASN RI Agus Pramusito penghargaan ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024, telah menetapkan sasaran Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan sebagai sebuah Arah Kebijakan dan Strategi Nasional, yang salah satu indikatornya adalah Persentase Instansi
Pemerintah dengan Indeks Sistem Merit Kategori 2 Baik (Baik/Sangat Baik).

“KASN telah melaksanakan Rapat Komisioner KASN dalam rangka penetapan hasil penerapan sistem merit dalam manajemen ASN di Instansi Pemerintah. Kami mengundang Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) untuk hadir langsung namun tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ungkapnya.

Ada 8 aspek penilaian, antara lain perencanaan kebutuhan pegawai, pengadaan pegawai, Pengembangan karier Promosi dan mutasi manajemen kinerja penggajian, penghargaan dan disiplin, perlindungan dan Pelayanan, dan sistem informasi.

Merit sistem adalah salah satu sistem manajemen sumber daya manusia. Sistem ini berkaitan dengan proses seleksi dan promosi pekerja. Dalam proses tadi, pertimbangan utamanya adalah kompetensi dan kinerja.

Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi yang cukup memperhatikan kesejahteraan pegawai dengan memberikan tunjangan bagi ASN di atas rata-rata pemerintah daerah yang ada di Sumatera Barat itu menyampaikan Payakumbuh patut bangga dengan penghargaan ini karena hal ini menunjukkan komitmen Pemko Payakumbuh dalam mendukung tercapainya tujuan reformasi birokrasi yaitu birokrasi yang efektif dan efisien serta melayani.

“Untuk itu diperlukan ASN yang profesional. Hanya dengan menerapkan sistem merit tujuan tersebut bisa diwujudkan. Kita berharap kedepan akan semakin baik lagi penerapan sistem merit di Pemko Payakumbuh,” kata Wako Riza Falepi.

 

#Ryan

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Komit Dengan Birokrasi Efektif Dan Efisien, Riza Falepi Raih Anugerah Meritokrasi Dari KASN RI Rating: 5 Reviewed By: Umarzam