Latest News

Bakal Kuatkan IKM, Komisi III DPRD Kabupaten Bengkalis Berguru Ke Kota Randang

Payakumbuh (RangkiangNagari) - “Randang Payakumbuh itu tak ada yang enak, tetapi yang ada adalah enak sekali, sampai saat ini, Randang masih menjadi makanan terenak di dunia menurut hasil survey versi CNN,” begitulah yang disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh Wal Asri kepada tamu dari Kabupaten Bengkalis yang berkunjung ke Sentra IKM Randang Kota Payakumbuh, Kamis (4/2).

Usai bertemu Wali Kota Riza Falepi, Komisi III DPRD Kabupaten Bengkalis bersama Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bengkalis disambut langsung Kadis Nakerin Wal Asri bersama Sekretaris Andiko Jumarel, Kepala Bidang, serta Kepala UPTD Sentra IKM Randang.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bengkalis Adri datang didampingi Sekretaris Komisi III Surya Budiman dan anggota Septian Nugraha, serta Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bengkalis Indra Gunawan langsung diajak melihat salah satu unggulan Kota Payakumbuh, yaitu Sentra IKM Randangnya.
 
Kadis Wal Asri memaparkan proses yang telah dilalui dalam pemenuhan standarisasi produk [SNI] serta izin edar bahkan sampai sertifikat iso 22.000 sebagai syarat untuk masuk pasar modern antara lain dunia penerbangan,  supermarket, travel umroh dan haji, serta pasar lainnya.

Tamu juga menyaksikan proses pembuatan randang sambil mendiskusikan bersama Kadis Wal Asri sebagai lanjutan dari penyampaian paparannya. Kemudian diperlihatkan hasil olahan dari Koperasi Sentra IKM (Ikosero) dan juga UMKM di dalam galeri The City Of Randang Padang Kaduduak.

“Ada bermacam macam olahan makanan dan hasil industri lainnya yang terpajang di dalam galeri ini. Seperti randang, hasil tenunan, rajutan dan lain sebagainya yang dihasilkan oleh IKM dan UMKM Kota Payakumbuh,” jelas Kadis Wal Asri.

“Randang pun ada banyak variannya, ada randang daging, tuna, telur, ayam, jengkol, suwir daging sapi, suwir daging ayam, randang tuna,” tegas Wal Asri.

Di tempat lain, Koperasi Sentra Payo ternyata sudah menyiapkan hidangan makan siang bagi tamu, yang disajikan adalah Randang yang diproduksi sentra IKM.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bengkalis melontarkan kekagumannya terhadap  Pemerintah Kota Payakumbuh, dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian yang telah berhasil mengelola IKM dengan profesional, namun tidak mengurangi rasa dan selera, khususnya Industri rendang.

“Kedepannya kami di DPRD akan memaksimalkan penganggaran terkait pembinaan dan pengelolaan industri kecil menengah di Kabupaten Bengkalis. Kami juga akan mendorong Pemkab Bengkalis untuk segera membuat penganggaran agar dapat mengirimkan para IKM ke Kota Payakumbuh dalam rangka belajar. Berguru kita ke The City Of Randang,” ujarnya.

Bersamaan dengan itu pula, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bengkalis Indra Gunawan menyebut sepulang dari Kota Payakumbuh akan menghadap pimpinan untuk menyampaikan hasil kunjungannya itu.

“Bagi kami Kabupaten Bengkalis ini berita bagus, insyaallah setelah dilantik, Bupati Kabupaten Bengkalis akan kita ajak berkunjung ke Kota Payakumbuh, kalau perlu kita buat kesepakatan kerjasama antara Pemkab Bengkalis dengan Pemko Payakumbuh,” imbuhnya.

 

#Ryan

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bakal Kuatkan IKM, Komisi III DPRD Kabupaten Bengkalis Berguru Ke Kota Randang Rating: 5 Reviewed By: Umarzam