Perlu Sinergi UIN dan Pemprov Membangun Masyarakat Madani

Padang (Rangkiangnagari) - Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, SP berdialog bersama Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang Prof. Dr. Eka Putra Wirman, MA pada acara temu ramah bersama civitas akademika UIN Imam Bonjol Padang.

Acara tersebut mengangkat tema meningkatkan komitmen ASN UIN imam Bonjol guna mewujudkan kemajuan pembangunan Sumbar yang dilaksanakan di Auditorium Prof. Mahmud Yunus, UIN Imam Bonjol Padang, Kamis (18/3/2021).

Selain, Gubernur juga hadir Asisten II Beny Warlis, Kadis PUPR, Kadis Kominfo, Kadis Pendidikan, Kepala Biro Humas, Kabiro Bintal, Kepala Balitbang, Kadis Pertanian, Kepala Biro Perekonomian serta dihadiri oleh Guru Besar UIN Imam Bonjol Padang.

Saat berdialog, Gubernur Mahyeldi mengajak Rektor UIN  Eka Putra Wirman dan seluruh civitas akademika UIN Imam Bonjol Padang untuk saling berkolaborasi memberikan masukan dalam penajaman RPJMD yang sedang disusun. Sehingga bersinergi dengan perguruan tinggi, banyak para idealis yang akan bergerak pada realitas. 

"Maka dari itu menurut hemat kami perpaduan antara realita dengan idealisme disinilah akan menghadirkan hal-hal baru dalam melakukan percepatan di dalam gerak langkah pembangunan di Sumbar kedepan," ucap gubernur.

Selanjutnya terkait dengan visi, misi yang akan dilakukan nanti akan dijadikan sebagai RPJMD Provinsi Sumbar yang ditetapkan pada tahun 2021-2026. 

"Untuk masa jabatan kami akan berakhir pada tahun 2024, oleh karena itu dengan masa yang tidak begitu panjang perlu kami mempercepat realisasi dalam pembangunan," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumbar diminta menyampaikan visi misinya. Ia menjelaskan visi misi itu adalah membangun Sumbar madani unggul dan berkelanjutan. 

"Kami yakin dan percaya bahwasanya misi kami ini banyak berkaitan dengan UIN diantaranya berkaitan dengan Madani adalah masyarakat yang modern yang berilmu pengetahuan, masyarakat yang demokratis dan masyarakat yang maju," sebut Gubernur.

Selain itu, ia juga menyebutkan, masyarakat Madani itu artinya adalah masyarakat Madinah masyarakat yang menghargai perbedaan maka itu ada di Madinah. Inilah yang kami hadirkan.

"Kemudian pembangunan masyarakat Madani itu berkelanjutan artinya, dalam membangun suatu bangsa maupun membangun suatu daerah maka tidak bisa hanya kita. Akan tetapi itu sudah dibangun oleh orang-orang pendahulu kita," terang gubernur.

Lalu berkelanjutan juga diartikan dengan apa yang baik dibangun oleh gubernur sebelumnya maka itu tetap kita lanjutkan, kemudian mana yang belum sempurna kita sempurnakan disamping itu juga ada kaitannya dengan lingkungan.

Mari kita bersama-sama membangun daerah ini. Sebab keberhasilan itu ada di pundak kita semua, dalam mewujudkan Sumbar yang lebih baik dan berdaya saing, tidak akan berhasil dengan baik apabila dilakukan hanya oleh pemerintah daerah.

"Mudah-mudahan waktu singkat ini dapat  bermanfaat dengan sebaik-baiknya untuk untuk sumbar, semoga dapat mensinergikan antara perguruan tinggi dengan provinsi sumbar," harap Gubernur.

Sementara itu, Rektor UIN Eka Putra Wirman sangat mendukung Program Unggulan pemerintah Provinsi Sumbar. Terutama pada bidang beasiswa prestasi kuliah bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan baik di perguruan tinggi yang ada di Sumbar, di Indonesia maupun Internasional.

"Semoga adanya sinergi pada hari ini, semangat yang kita kembangkan adalah semangat berkolaborasi, UIN Imam Bonjol Padang siap membangun Sumbar yang Madani dan unggul," ucap rektor penuh semagat.(Rel Humas Pemprov. *01).

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.