PIDATO PERTAMA PASCA DILANTIK, SUTAN RISKA PAPARKAN VISI MISI HINGGA PROGRAM PRIORITAS LANJUTAN

Dharmasraya (Rangkiangnagari) - Pasca dilantik sebagai Bupati Dharmasraya periode 2021-2024 oleh Gubernur Sumatera Barat beberapa waktu lalu, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyampaikan pidato pertama dalam Rapat Paripurna yang digelar di Sekretariat DPRD, Selasa (02/03/21). Pidato berisikan penjabaran visi, misi serta program prioritas lanjutan yang akan dilaksanakan pada periode kedua kepemimpinannya bersama Wakil Bupati, Dasril Panin Dt.Labuan itu disampaikan dihadapan segenap unsur. 

Mengawali pidatonya, bupati menyampaikan terimakasih kepada segenap unsur masyarakat yang kembali memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk memimpin Kabupaten Dharmasraya untuk periode kedua bersama Wakil Bupati, Dasril Panin Dt. Labuan. 

"Kami memohon do'a dan dukungan dari seluruh komponen masyarakat, untuk kembali melanjutkan amanah ini," ujar bupati.

Dikatakan bupati, pada periode kepemimpinan kali ini, dirinya bersama Datuak Labuan menetapkan visi "Dharmasraya yang Maju, Mandiri dan Berbudaya." Guna mewujudkan visi tersebut, lanjut bupati, setidaknya ada 10 misi yang ditetapkan. Yakni :

1. Meningkatkan pemerataan pembangunan infrastruktur yang mendorong produktivitas ekonomi dan pelayanan kepada masyarakat. 

2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang profesional, berkarakter dan unggul.    

3. Meningkatkan potensi ekonomi daerah menjadi produk unggulan yang berdaya saing. 

4. Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dengan upaya meningkatkan indeks pembangunan manusia dan gini ratio serta mengurangi angka kemiskinan. 

5. Meningkatkan sumber-sumber pendanaan daerah dan menciptakan iklim yang kondusif untuk pengembangan usaha dan investasi.

6. Meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang berkelanjutan. 

7. Meningkatkan kualitas birokrasi pemerintahan yang efektif, efesien, bersih, akuntabel dan terpercaya.

8. Meningkatkan nilai-nilai adat dan budaya yang mencerminkan kepribadian daerah.

9. Meningkatkan penerapan nilai-nilai agama di tengah masyarakat.

10. Meningkatkan kemampuan nagari dalam pengelolaan pemerintahan dan potensi sumber daya nagari.    

Selain itu, lanjut bupati, pada masa kepeminannya bersama Datuak Labuan juga telah disusun 14 program prioritas lanjutan. Yaitu pembangunan Islamic Center, Pasar Online dan Bantuan Modal UMKM, Rumah Digital dan Kreativitas Mileneal, Taman Budaya dan Pengembangan Kelompok Seni, Memperkuat Program BPJS, Kursus Bahasa Asing Gratis, Pelayanan Publik Online, Insentif Sekolah dan Seragam Gratis, Alat Mesin Pertanian dan Bibit Gratis, Peningkatan TPP 50 % dan Beasiswa Tugas Belajar, Kartu Ajaib Jaminan Hari Tua, Insentif Tokoh Agama dan Adat, Aspal Seluruh Jalan dan Jembatan Baru, serta Restorasi Sungai dan Hutan. 

"Mohon doa dan dukungan dari segenap komponen, agar cita-cita kita bersama dapat terwujud dan dimudahkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala," pungkas bupati. 

Di akhir sambutannya, bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada Wakil Bupati Dharmasraya periode 2016-2021, H. Amrizal Dt Rajo Medan, atas kontribusinya dalam penyelenggaran pemerintahan dan pembangunan Kabupaten Dharmasraya.(rls/tm)

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.