Latest News

ASDP Operasikan KMP Tanjung Burang Rute Padang-Mentawai

JAKARTA (RangkiangNagari) – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) operasikan KMP Tanjung Burang guna memperkuat konektivitas penyeberangan dan sektor logistik menuju Pulau Mentawai.Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin kepada Singgalang di Jakarta, Minggu (18/4) menyampaikan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan mulai dari Gubernur Sumatera Barat, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat, Kadishuh Kota Padang dan Kepulauan Kabupaten Mentawai, Kepala BPTD Wilayah 3, serta KSOP Teluk Bayur yang telah mendukung peran ASDP dalam mendukung akses transportasi menuju Mentawai.

“Kami bersyukur dan mengapresiasi atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan kepada ASDP untuk memperkuat konektivitas penyeberangan dan sektor logistik dari Padang menuju Mentawai. Harapan kami, dengan beroperasinya KMP Tanjung Burang di bawah koordinasi ASDP Cabang Padang, maka akses transportasi penyeberangan masyarakat akan semakin mudah, lancar, aman dan selamat,” tutur Shelvy.

Menurutnya, hadirnya KMP Tanjung Burang di Cabang Padang yang belum lama direlokasi dari Banda Aceh akan menambah frekuensi layanan kapal ASDP dari Padang ke Mentawai, yang sebelumnya dilayani 2 unit kapal yakni KMP Ambu-Ambu dan KMP Gambolo.

Dikatakan, ASDP Cabang Padang juga mengoperasikan KMP Pulo Tello yang melayani lintasan Bengkulu-Enggano, dan 1 unit kapal tol laut Kendhaga Nusantara II, sehingga total 5 unit kapal yang dioperasikan ASDP Cabang Padang.

“ASDP menjadi andalan transportasi penyeberangan khususnya bagi masyarakat dari Padang ke Mentawai, dengan melayani 4 lintasan perintis dan komersial yakni lintasan Padang-Siberut, Padang Sikabaluan, Padang-Sikakap dan Padang-Tua Pejat. Saat ini KMP Tanjung Burang hadir bagi masyarakat yang akan menyeberang dari Padang menuju Sikakap dan Tua Pejat yang beroperasi tiap hari Rabu dan Jumat,” tutur Shelvy.

Shelvy menambahkan, KMP Tanjung Burang berukuran 540 GT dengan panjang 45,3 meter dan lebar 39,5 meter, dan mampu mengangkut 316 orang penumpang dan 22 kendaraan campuran. KMP ini melayani rute Padang-Sikakap setiap hari Jumat dan Padang-Tua Pejat setiap hari Rabu.

“Lntasan Padang menuju Mentawai cukup diminati yang didominasi penumpang sepeda motor dan truk logistik yang banyak mengangkut hasil pertanian dan material bahan bangunan,” tutup Shelvy

 

#Ryan

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: ASDP Operasikan KMP Tanjung Burang Rute Padang-Mentawai Rating: 5 Reviewed By: Umarzam