Latest News

Begini Penampakan dan Evakuasi Tapir yang Terjebak di Kolam Warga Pekanbaru

PEKANBARU (RangkiangNagari) – Warga di Perumahan Cendrawasih, Jalan Garuda Sakti, Kota Pekanbaru dibuat heboh oleh seekor satwa dilindungi yaitu Tapir, Selasa (20/4).Satwa yang bernama latin Tapiridae itu terjebak disebuah kolam ikan milik warga di wilayah tersebut.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau Suharyono mengatakan laporan masyarakat diterima sekitar pukul 13.20 WIB.Tim Rescue yang diutus bersama Dokter Danang dan paramedis serta perawat satwa segera menuju ke lokasi.

“Tapir terjebak di kolam ikan semen berukuran sekitar 5 x 6 m dengan kedalaman sekitar 170 cm yang sedang dikosongkan namun dipenuhi air,” katanya.Dikatakannya, Tim Balai Besar KSDA Riau bersama dengan warga perumahan, aparat desa, Polisi dan Babhinsa berusaha melakukan evakuasi. Proses evakuasi berjalan cukup sulit dikarenakan Tapir berukuran cukup besar.

“Upaya pembiusan sudah dilakukan dengan dosis maksimal namun belum memberikan efek sehingga dilakukan upaya penggunaan kandang evakuasi dengan cara digiring. Tepat pukul 18.45 wib Tapir masuk ke dalam kandang evakuasi,” jelasnya.Untuk proses pemulihan dan observasi oleh Tim medis Balai Besar KSDA Riau, Tapir tersebut sementara dititipkan ke Lembaga Konservasi Kasang Kulim mengingat keterbatasan kandang di klinik transit satwa Balai Besar KSDA Riau.

 

#Ryan

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Begini Penampakan dan Evakuasi Tapir yang Terjebak di Kolam Warga Pekanbaru Rating: 5 Reviewed By: Umarzam