Kampung Sarugo Jadi Kampung Adat Terpopuler di Ajang Pesona Indonesia

Labuan Bajo (RangkiangNagari) - Kementerian Pariwisata RI Anugerahkan Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dengan Anugerah  Pesona Indonesia (API) tahun 2020 karena mampu dan terbukti mencetuskan dan mempertahankan branding yang berdampak pada dunia pariwisata sebagai kabupaten beradat dan berbudaya. Kabupaten Lima Puluh Kota meraih juara Dua, masuk pada kategori Kampung Adat Terpopuler yakni Kampung Sarugo di Koto Tinggi.

Anugerah Pesona Indonesia diterima langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo Kamis, 20 Mei 2021 yang dipusatkan di Inaya Bay Komodo Hotel, Labuan Bajo, Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur.

Dikatakan Bupati, penghargaan dari pemerintah pusat berdasarkan kemampuan masyarakat kabupaten Lima Puluh Kota bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Lima Puluh Kota dan pihak terkait dalam mengeksekusi Kampuang Sarugo menjadi destinasi Kampuang Adat Terpopuler.

“Penghargaan ini untuk seluruh masyarakat Lima Puluh kota, di ranah maupun di rantau. Ini bentuk kerja kita bersama,” kata bupati.

Dijelaskan bupati, penghargaan ini tentu tidak menjadi pajangan manis saja. Namun sebagai pelecut inovasi pengembangan potensi destinasi lain yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota. Kedepan perlu ada kajian akademis yang tajam terhadap seluruh potensi wisata yang ada.

“Mengembangkan dengan inovasi dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman dalam bentuk pengelolaan serta menajemen pada setiap destinasi wisata yang ada di Lima Puluh kota,” tambah bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lima Puluh Kota Hj.Nengsih Spd.Mpd menyebutkan, Kampuang Sarugo di maksimalkan menjadi Kampung Adat pada 2019 lalu bersama Universitas Muhammadiayah Sumatera Barat (UMSB).

Senada dengan Bupati, Rektor UMSB Dr Riki Saputra, MA menyebutkan, pihaknya akan terus memberikan support dan bentuk kerjasama akademis dalam pengembangan sektor yang ada di daerah.

“Bentuk kerjasama akan kita jalin terus agar daerah memiliki dokumen kajian akademis untuk mengembangkan sektor yang ada,” tutup Riki.

Kampung Sarugo disamping Desa Wisata binaan UMSB, juga dijadikan sebagai Smart Branding Kab Lima Puluh Kota pada akhir 2019 lalu melalui Diskominfo.

“Sampai saat ini  Diskominfo masih memberikan pembinaan seperti pembuatan dan pengelolaan media website khusus Kampung Sarugo dan berbagai publikasi dan promosi melalui berbagai media luar ruang dan elektronik” Demikian ungkap Kepala Diskominfo Lima Puluh Kota, Fery Chofa, SH, LL.M. (La)


[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.