Salah satu wujud kepedulian anggota dewan adalah mengakomodir kebutuhan konstituennya

Pasaman (Rangkiangnagari) - Salah satu wujud kepedulian anggota dewan adalah mengakomodir kebutuhan konstituennya yakni masyarakat pemilih di wilayah daerah pemilihan masing-masing. Biasanya kebutuhan yang diakomodir adalah kebutuhan masyarakat melalui pokok-pokok pikiran atau biasa disebut pokir anggota dewan.

Hal yang mengatur tentang pokir tersebut termaktub dalam Peraturan Pemerintah no 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Propinsi, Kabupaten dan kota pasal (54) yang menyebutkan Badan Anggaran DPRD mempunyai tugas dan wewenang memberikan saran dan pendapat berupa pokok pikiran DPRD kepada Kepala Daerah dalam mempersiapkan rancangan APBD sebelum peraturan Kepala Daerah tentang Rancana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) ditetapkan.

Di tahun 2021 ini, anggota dewan DPRD Pasaman dari Fraksi PKS , Aprial (Purn), memasukkan pokirnya untuk pembukaan jalan lingkung dari Pasar Mapun hingga Mudiak Air, Jorong Ampang Gadang, Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti sepanjang 1,05 km dengan lebar 7 meter.

"Pokir ini adalah wujud kepedulian kita terhadap masyarakat dimana pembukaan jalan ini sangat berguna bagi masyarakat dimana lokasi pembukaan jalan ini merupakan akses transportasi masyarakat menuju ladang sebagai sumber utama penghasilan" papar Aprial. 

Didampingi oleh tokoh masyarakat Ampang Gadang, Masri yang akrab disapa Mak Lek, Aprial menuju lokasi pembukaan dimana pekerjaan pembukaan jalan sudah dimulai. "Kita wajib mengontrol pekerjaan ini sebagai wujud tanggung jawab kita sebagai pemilik pokir dengan meninjau dan mengontrol pekerjaan tersebut agar benar-benar sesuai dengan spesifikasi pekerjaan tersebut" lanjut Aprial.

 Dalam peninjauan tersebut, pihak kontraktor yang telah memulai pekerjaan pembukaan jalan tersebut yang dibuktikan dengan terlihatnya alat berat di lokasi pekerjaan.

"Nantinya kita akan pastikan bahwa pekerjaan pembukaan ini dikelola dan dikerjakan dengan baik sehingga akan benar-nenar bermanfaat bagi masyarakat pemakai jalan tersebut" papar Aprial.

Lebih lanjut Aprial yang merupakan purnawirawan TNI Angkatan Darat tersebut tidak lupa memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman yang telah memasukkan pokirnya di RKPD Pemkab. Pasaman di tahun 2021 ini. "Harapan saya kepada pelaksana pekerjaan pembukaan jalan ini agar bekerja dengan baik sehingga tercapai kualitas dan kuantitas sesuai dengan RAB pekerjaan tersebut" jelas Aprial.

Setelah peninjauan pekerjaan yang merupakan pokirnya, anggota dewan yang terkenal santun tersebut mengunjungi masyarakat pemilihnya untuk bersilaturrahmi. "Karena saat ini masih suasana Idul Fithri maka kami mengunjungi sanak keluarga serta sahabat yang umumnya adalah teman saya sejak kecil maupun sewaktu bersekolah puluhan tahun yang lalu" jelas Aprial.

Selain mengunjungi kerabatnya, tidak lupa Aprial dan keluarga memberikan bantuan berupa beras dan uang tunai kepada beberapa keluarga yang dianggapnya sangat membutuhkan. 

"Masyarakat disini masih banyak berada di posisi di bawah garis kemiskinan, makanya hari ini Alhamdulillah kita punya rezeki lebih untuk berbagi kepada mereka dan tidak lupa saya juga menyantuni anak yatim dimana dalam keluarga tersebut ada 4 anak yatim, dan sama kita ketahui bahwa anak yatim adalah merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai umat muslim" pungkas Aprial. (Tio).

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.