Latest News

Soal Mudik Lokal, Pemprov Ikuti Aturan Pemerintah Pusat

PADANG (RangkiangNagari) - Forkopimda Sumatera Barat (Sumbar), mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 yang dipimpin Wakapolda Brigjen Pol Edi Mardianto, Rabu (5/5/2021) di lapangan Imam Bonjol Padang.

Menurut Wagub Sumbar Audy Joinaldy, jelang Idul Fitri 1442 H trend kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan yang disebabkan peningkatan aktivitas masyarakat jelang akhir bulan suci Ramadan.Ia mengapresiasi Polri dan TNI bersama pihak terkait berkerjasama melakukan pengorbanannya dalam rangka menjamin keamanan di bulan suci Ramadan dan menyambut hari raya Idul fitri serta juga pencegahan penyebaran Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat.

“Untuk itu saya mengajak masyarakat Sumbar bisa mendukung kebijakan pemerintah, semoga semuanya bisa berjalan dengan baik tanpa mengurangi makna dari hari raya,” kata Audy Joinaldy.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 No. 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Ramadan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 12 hari (6-17 Mei 2021).Wagub Audy Joinaldy mengatakan Pemprov Sumbar akan tetap mengikuti aturan pemerintah pusat soal larangan mudik lokal atau mudik antar-kabupaten/kota dalam satu provinsi di Sumbar.

“Menurut arahan terbaru dari Kepala BNPB Pak Doni Monardo adalah tidak diperbolehkan mudik dalam satu provinsi. Kalau Sumbar, selama masih NKRI, kita ikutilah. Kalau bendera kita masih merah putih, presiden sama, Negara Kesatuan Republik Indonesia, kita ikuti anjuran dari pusat segalanya,” ulasnya.

Sampai saat ini Pemprov Sumbar masih menunggu surat edaran resmi dari pemerintah pusat soal larangan mudik lokal.“Kita tunggu saja surat edaran dan instruksi dari Pusat,” imbuhnya.

Pasalnya, Sumbar saat ini termasuk ke dalam zona oranye atau zona sedang penyebaran Covid-19. Hanya dua daerah di Sumbar yang termasuk ke dalam zona kuning atau zona rendah penyebaran Covid-19, yaitu Kota Pariaman dan Dharmasraya.

“Sejauh ini, kita sudah bicara dengan Pak Kapolda dan Pak Danrem menyangkut kemananan dan kenyamanan pada Idul Fitri serta pencegahan penyebaran Covid-19. Apalagi untuk mudik lokal, ini sangat sulit kontrolnya,” tukasnya.

 

#Ryan

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Soal Mudik Lokal, Pemprov Ikuti Aturan Pemerintah Pusat Rating: 5 Reviewed By: Umarzam