Latest News

Kabupaten Pasaman merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki banyak potensi wisata

Pasaman (Rangkiangnagari) - Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman medukung penuh pengembangan  kawasan wisata Tonang di Lubuk Sikaping.Untuk mewujudkan dukungannya, Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Khairuddin Simanjuntak, anggota DPRD kabupaten Pasaman Yulisman terjun langsung ke lokasi Puncak Wisata Rabbuna Tonang Lubuk Sikaping Pasaman, Selasa (01/6/2021).

Kehadiran Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS di lokasi Puncak Rabbuna adalah untuk melihat lebih dekat kiat-kiat pelaku wisata serta optimisme masyarakat dalam mengembangkan pariwisata di daerah tersebut.

Selain berbicara tentang upaya pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi wisata di Kabupaten Pasaman, ia juga berdiskusi secara khusus dengan owner Puncak Rabbuna, Marta Dani.

“Suatu daerah yang memiliki potensi wisata yang unik, maka secara perlahan-lahan akan bertumbuh, namun itu butuh proses yang panjang. Mengolah sektor pariwisata tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena butuh biaya dan waktu yang panjang. Membangun pariwisata secara cepat, itu bisa dilakukan jika ada intervensi anggaran yang besar dari negara atau ada sponsor yang luar biasa dari pihak lain,” kata Wabup Sabar AS.

Ia juga terus mengajak dan mendorong pemerintah serta masyarakat maupun pengusaha di daerah itu, untuk membangun lokasi wisata di Pasaman agar tumbuh menjadi salah satu destinasi wisata unggulan.

Kawasan wisata Tonang Lubuk Sikaping merupakan bagian dari rencana pengembangan dan salah satu simpul pengembangan pariwisata di Kabupaten Pasaman.

“Daerah Tonang-Talu ini juga sangat strategis, karena daerah Tonang ini berbatasan langsung dengan kabupaten Pasaman Barat. Dimana daerah Tonang memiliki potensi wisata alam yang indah dan sejuk nan asri,” ujar Sabar AS.

Menurutnya, pengembangan dan pengelolaan pariwisata di Pasaman, baik melalui masyarakat sadar wisata maupun pihak pengusaha, merupakan langkah yang tepat dengan dorongan pembangunan insfrastruktur penunjang.

“Pengembangan pariwisata di Pasaman oleh masyarakat dan pengusaha yang telah mulai berjalan di daerah ini merupakan langkah yang positif. Dengan banyaknya potensi wisata di kawasan ini, kedepan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di Pasaman,” katanya.

Anggota DPRD provinsi Sumbar, Khairuddin Simanjuntak juga mendukung penuh pengembangan sektor pariwisata di Kawasan Tonang Lubuk Sikaping.

Menurutnya, pengembangan sektor pariwisata akan mampu menarik minat wisatawan datang berkunjung jika dilakukan dan dikelola dengan baik. Termasuk dengan dukungan infrastruktur yang memadai.

“Kalau ini terkelola dengan baik, tidak mustahil dapat menjadi tujuan wisata andalan. Pariwisata juga akan menjadi salah satu modal besar untuk menopang Pendapatan Asli Daerah (PAD),” tutur Simanjuntak.

Owner Puncak Wisata Rabbuna, Marta Dani menyatakan, bahwa sudah satu tahun pihaknya fokus untuk membangun lokasi wisata di daerah ini.

“Kita akan terus berusaha untuk membenahi berbagai keterbatasan dan terus menghadapi dinamika dan situasi yang ada di daerah ini. Saya optimis karena hari demi hari semakin banyak pengunjung yang datang kesini, dan semua itu meyakinkan saya bahwa daerah Tonang-Talu akan maju dan menjadi daerah wisata yang sangat diminati pada masa yang akan datang,” kata Dani penuh optimis.

Sebagai informasi, kawasan Tonang Lubuk Sikaping memiliki banyak spot wisata yang sangat menarik untuk liburan keluarga. Diantaranya adalah Puncak Rabbuna, Linjuang, Kebun Jeruk Bambang Argo dan Taman Bunga Puncak Tonang. Selain itu,  Wisata Rimbo Panti, Equator Bonjol ,Air Terjun Caracai Sungai Pandahan dan Ambun Water Park di Teluk Ambun.(tim).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Kabupaten Pasaman merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki banyak potensi wisata Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana