Latest News

Wakil Bupati Rapat Sampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Lima Puluh Kota Tahun Anggaran 2020 dalam Sidang Paripurna DPRD

Sarilamak (RangkiangNagari) - DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota menyelenggarakan rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Lima Puluh Kota tahun anggaran 2020, Senin (21/06/2021) di ruang sidang DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota-Sarilamak.

Rapat Paripurna dihadiri oleh Wakil Bupati Lima Puluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri, Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra beserta anggota DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota dan kepala OPD Kabupaten Lima Puluh Kota.

Wakil Bupati menyampaikan jawaban Bupati atas pertanyaan dari fraksi partai PAN tentang realisasi anggaran pendapatan pemerintah tahun 2020 sekitar 50 (lima puluh) milyar yang tidak dapat dicapai dari target nominal yang dianggarkan. Kendala dan masalah yang dihadapi hingga nominal tidak tercapai dijelaskan Wabup bahwa tidak tercapainya target pendapatan, salahsatubya disebabkan karena terjadinya pengurangan alokasi transfer Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik ke daerah. Hal ini disebabkan karena penyaluran dana disesuaikan berdasarkan kinerja Pemerintah Daerah sesuai dengan peraturan menteri keuangan nomor 130/PMK.07/2019 tentang pengelolaan DAK fisik serta tidak terealisasinya target PAD 100% akibat pandemi covid-19.
 
Selanjutnya menjawab pertanyaan tentang PAD yang tidak tercapai sebesar 11% dari yang dianggarkan dijelaskan bahwa pada tahun 2020 merupakan masa pandemi covid 19 yang berdampak kepada menurunnya pertumbuhan perekonomian secara umum bahkan mengarah minus. hal ini turut berpengaruh terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) antara lain pajak daerah dan retribusi daerah. Pada masa yang akan datang tentunya persentase realisasi PAD diupayakan untuk ditingkatkan, seiring dengan konsep perbaikan perekonomian nasional.

Wabup juga mengatakan bahwa “tanggapan serta penjelasan yang disampaikannya tentu belum sepenuhnya memenuhi harapan para anggota dewan yang terhormat. hal-hal lainnya yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut masih dapat kita bahas dalam agenda rapat selanjutnya. segala masukan dan saran dari pimpinan beserta anggota DPRD sangat kami hargai dan akan menjadi perhatian kami selanjutnya" ungkap Wabup.
 
Harapan Wabup kedepan, rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang selalu ditumbuhkan melalui berbagai kesempatan akan semakin memperlancar penetapan seluruh kebijakan daerah, termasuk menetapkan agenda kebijakan hari ini menjadi sebuah produk kebijakan daerah.

"Kiranya Allah SWT berkenan memberikan bimbingan serta petunjuk kepada kita semua dalam mengemban dan melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang berat ini" tutup Wabup Rizki Kurniawan Nakasri.(BM)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Wakil Bupati Rapat Sampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Lima Puluh Kota Tahun Anggaran 2020 dalam Sidang Paripurna DPRD Rating: 5 Reviewed By: Umarzam