Gedung Eks Balaikota Payakumbuh Jadi Tempat Isolasi Mandiri OTG

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari– Dalam upaya memutus matarantai penyebaran Covid-19 di Kota Payakumbuh, Pemko setempat bakal menyediakan tempat isolasi mandiri terpusat yang representatif bagi pasien positif Covid-19 orang tanpa gejala (OTG).

Lokasi itu akan memanfaatkan gedung eks kantor Balaikota di Bukik Sibaluik, Ngalau Indah.Walikota Payakumbuh Riza Falepi, menyampaikan hal itu, saat memimpin rapat bersama Asisten I Dafrul Pasi, Asisten II Elzadaswarman, kepala OPD dan camat, di Ruang Pertemuan Randang, Lantai II Balaikota, Senin (23/8).

Menurut Riza, kondisi gedung 3 lantai tersebut sudah dicek ke lapangan, ada beberapa rehab yang bakal dilakukan seperti memberi sekat dan penyediaan kamar mandi bagi OTG yang isolasi mandiri di sana. Akan ada sekitar 60 orang yang bisa ditampung, bahkan bila dimaksimalkan bisa menampung hingga 100 orang.

“Kalau tidak standar hotel bintang 3 ya standar wisma lah. Kita ingin bagaimana masyarakat nyaman selama menempati tempat isolasi yang kita sediakan ini. Untuk mewujudkan ini, harus dikerjakan bersama-sama oleh OPD terkait, saya minta mulai dari BPBD, Dinas kesehatan, PU, PDAM, Pol PP, Disparpora dan dinas lain yang terkait harus menyegerakannya, kalau bisa lebih cepat lebih baik,” ujarnya.

Dikatakan Riza, hal ini dilakukan agar dapat melakukan kontrol kepada pasien positif orang tanpa gejala (OTG).

Karena kebanyakan ditemukan mereka yang isolasi mandiri di rumah, namun masih ada yang bandel, tidak mau berdiam diri jelang hasil swabnya negatif.

“Kalau mereka diisoman di tempat yang kita sediakan ini, mereka tidak takut lagi. Malah kita buat nyaman, sehingga imun tubuhnya meningkat dan cepat kembali pulih. Tempatnya lapang dan bisa berolahraga juga di sana,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr. Bakhrizal, menyampaikan, pihaknya akan menambah petugas untuk ditempatkan di sana. Hal itu sekaligus sebagai pengawas untuk melihat perkembangan kesehatan yang tengah menjalani isolasi ini.

“Mulai dari makanan, vitamin dan obat-obatannya bagi pasien OTG kita sediakan. Agar mereka nyaman menjalani isolasi. Ambulance juga standby dan terkoneksi ke rumah sakit bila sewaktu-waktu dibutuhkan,” ucapnya.


#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.