Latest News

BPS dan Pemko Payakumbuh Bersama Sosialisasikan Statistik Sektoral Fokus Pada AKUSTIK

Payakumbuh (RangkiangNagari) - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Payakumbuh mengadakan Sosialisasi Statistik Sektoral yang berfokus kepada Aktifitas Penataan Urusan Statstik Tingkat Kelurahan (Akustik) yang dilaksanakan di Aula Randang Lantai II Kantor Wali Kota Payakumbuh, Selasa(28/9).

Kegiatan Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten III Amriul Datuak Karayiang.

Dalam sambutannya Amriul mengatakan Pemerintah sangat mendukung penuh Kota Payakumbuh menjadi daerah Statistik dan sebagai pilot projeknya dimulai dengan Kelurahan Kapalo Koto Dibalai.

“Dengan dijadikannya Kelurahan Kapalo Koto Dibalai sebagai Pilot Projek menjadi Kelurahan Statistik, hal ini nantinya juga harus diikuti oleh seluruh kelurahan lainnya di Kota Payakumbuh sehingga terciptanya satu data yang mendukung kinerja pemerintah untuk kepentingan masyarakat dan hal tersebut sesuai dengan tema kita kali ini yaitu Untuk Payakumbuh Tangguh dan Tumbuh,” Ujarnya

Ditambahkan Amriul, Pihaknya berharap dengan diadakannya sosialisasi statistik sektoral seluruh data potensial dapat diakses dengan mudah dan dipergunakan sebaik-baiknya.

“Jika seluruh data potensial sudah ada di Kota Payakumbuh, nantinya akan mudah diakses dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya demi mensejahterakan masyarakat,” Pungkasnya.

Dikesempatan yang sama Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh Armein Busra mengatakan bahwa sosialisasi yang dilaksanakan ini untuk memberikan penjelasan tentang tata kelola statistik sektoral.

“Kegiatan sosialisasi ini untuk meningkatkan dan membangun kesamaan dalam memahami penyelenggaraan kegiatan statistik,” tegasnya.

Armein juga mengatakan, Pihaknya akan terus memberikan dukungan untuk terwujudnya kelurahan statistik hingga tujuan akhir tercapai yaitu Kota Payakumbuh menjadi Kota Statistik.

“Sebagai Wali Data kita siap memberikan dukungan penuh untuk Payakumbuh menjadi Kota statistik. Masalah data sangat penting dan menjadi salah satu indikator dalam penentuan keberhasilan dari OPD, Untuk itu mari kita bekerjasama demi satu tujuan yaitu Kota Payakumbuh menjadi Kota Statistik,”Pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala BPS Kota Payakumbuh Dessi Febriyanti mengatakan kegiatan sosialisasi sektoral yang dilaksanakan juga dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional 2021.

“Sebagai pembina Statistik sektoral sebagaimana yg diamanatkan Perpres Nomor 39 Tahun 2019, kegiatan ini sekaligus ajang memperkenalkan kegiatan kolaborasi yang sudah diinisiasi antara BPS dan Pemko Payakumbuh dalam Hal ini Dinas Kominfo Payakumbuh.Dimana Ada beberapa program kolaborasi yg sudah dilakukan seperti AKUSTIK (aktivitas penataan urusan Statistik tingkat kelurahan) Dan KOLASE (KOLAborasi dalam diSEminasi),”Terang Dessi

Ditambahkan Dessi, Untuk AKUSTIK, BPS Dan Stakeholders yang melaksanakanya ada Dinas Kominfo, Tapem, Kecamatan Payakumbuh Utara dan Kelurahan Kapalo Koto Dibalai.

“Diharapkan kedepan ada Kelurahan lainnya yang ikut berpartisipasi. Untuk Kolase BPS, Dinas Kominfo Dan OPD terkait yg datanya didiseminasikan. Sesuai yang diamanatkan kepada BPS sebagai pembina Statistik sektoral harapannya masyarakat dan para pengguna data menjadi melek Statistik. Literasi Statistik menjadi penting, karena dengan demikian masyarakat dengan senang hati akan memberikan data yang diinginkan ketika ada petugas survei atau petugas sensus melakukan pendataan kerumah atau tempat usaha mereka,” Pungkasnya.

 

#Rn

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: BPS dan Pemko Payakumbuh Bersama Sosialisasikan Statistik Sektoral Fokus Pada AKUSTIK Rating: 5 Reviewed By: Umarzam