Pembukaan MTQ di Padangpanjang, Mahyeldi Serasa MTQ Tingkat Nasional!

Padang (RangkiangNagari) - Pembukaan MTQ Nasional XXXIX Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Lapangan GOR Khatib Sulaiman, Banca Laweh, Sabtu (13/11/2021) malam, berlangsung meriah.

GOR Khatib Sulaiman yang menjadi lokasi pembukaan MTQ terlihat membeludak oleh sekitar puluhan ribu warga yang datang dan antusias mengikuti pembukaan MTQ yang menerapkan protokol kesehatan ini.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah Datuak Marajo juga terlihat senang dan  memuji penyelenggaraan MTQ di Kota Padangpanjang yang dinilainya luar biasa.

“Luar biasa. Terima kasih kepada Wali Kota Padangpanjang, kepada panitia pelaksana dan warga kota. Seperti yang dikatakan Bapak Dirjen, ini rasanya seperti MTQ tingkat nasional,” katanya saat pembukaan MTQ di GOR Khatib Sulaiman, Banca Laweh. Di samping itu, lewat MTQ ini, Mahyeldi berpesan untuk dapat mengimplementasikan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Al Quran sumber pengetahuan, mengajarkan mana baik dan buruk, sejati dan palsu,” tuturnya. Wali Kota Padangpanjang Fadly Amran Datuak Paduko Malano tampak terkesima dengan antusiasme warga yang hadir untuk menyaksikan kegiatan ini.

“Ini sebuah bukti bahwasanya Kota Padangpanjang kota yang Islami, Kota serambi Mekkah, kota yang penuh dengan ulama-ulama ternama yang tersebar ke pelosok negeri ini,” sebutnya.

Fadly mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas kehadirannya. Semoga kegiatan ini sukses dan tentunya menjadi sejarah bagi Kota Padangpanjang ke depan.

Namira, salah seorang santri Thawalib Putri kelas 8 mengatakan, pembukaan MTQ  sangat meriah, bagus dan tentunya dapat menimba ilmu di kegiatan ini.Senada dengan Namira, Khalisa dari SD IT Juara dan Zazah dari Kabupaten Solok mengatakan, kegiatan ini sangat bagus dan mereka bangga dengan adanya kegiatan ini.

Mereka bisa menyaksikan secara langsung kegiatan akbar yang ditunggu-tunggu masyarakat Sumatera Barat.Sementara itu Rahma mengaku untuk keamanan dan protokol kesehatan sangat dijaga panitia. Masyarakat yang hadir umumnya memakai masker.
Sementara itu, Menteri Agama RI yang diwakili Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kamarudin Amin, terkesima dengan perhelatan MTQ tingkat Sumbar yang diselenggarakan di Kota Padangpanjang. “Dari lubuk hati, saya sangat bangga, terharu, terkagum dan terkesima sekali atas penyelenggaraan MTQ di Padangpanjang. Masyarakat yang datang juga sangat antusias. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Padangpanjang dan seluruh jajaran yang telah mempersiapkan acara ini dengan sangat matang, sehingga menjadi sempurna seperti ini. Saya bangga hadir pada pembukaan MTQ di Kota Padangpanjang ini,” ungkap Kamarudin saat pembukaan MTQ.

Kendati demikian, Kamarudin yang juga ketua umum LPTQ Nasional berharap penyelenggaraan MTQ 2021 yang mengambil tema “Dengan MTQ Kita Wujudkan Masyarakat Sumbar yang Qurani, bermarwah dan bermartabat” ini tidak hanya mencari juara di setiap cabang perlombaan, tapi lebih jauh dari itu yakni menciptakan generasi yang berakhlakul karimah dan berkualitas.

“Penyelenggaraan MTQ ini diharapkan mampu membentuk manusia berkualitas, yaitu manusia yang berperilaku, bekerja dan bermasyarakat serta senantiasa condong ke jalan yang lurus. Penyelenggaraan ini, diharapkan juga mampu mendekatkan masyarakat dengan Al Quran dan memaknai isi kitab Al Quran,” harapnya.

Ia juga berpesan proses penyelenggaraan MTQ ini agar tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) di segala lini. Untuk itu para panitia, kafilah, peserta dan para kontingen agar tetap menerapkan prokes.

“Jangan sampai kendor dengan prokes yang berlaku. Mari kita semua berkomitmen dan memiliki disiplin tinggi dalam menjaga prokes. Sehingga penyelenggaraan MTQ ini dapat berjalan dengan tertib baik dan sukses nantinya,” tutupnya.

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.