Latest News

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh, Tinjau Gor Tipe B dan Objek Wisata Ngalau Indah

TANJUNG PAUH (Rangkiangnagari) - Berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah DPRD Kota Payakumbuh, Komisi B DPRD Kota Payakumbuh melakukan tinjauan lapangan ke Objek wisata dan sarana prasarana olahraga yang ada di kota Payakumbuh, Selasa (25/1). 

Kegiatan tinjauan lapangan ini dimulai dengan mengunjungi Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh dan disambut hangat oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh Desmon Korina beserta jajaran. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh Wulan Denura. 

Setelah melakukan perbincangan terkait objek wisata serta sarana dan prasarana olahraga yang akan dikunjungi, kunjungan dilanjutkan ke Gor Tipe B yang ada di Kelurahan Tanjung Pauh serta melihat Objek Wisata Ngalau Indah. 

Ketua Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Fraksi Partai Golkar H. Muharnis Zul, S.Pd mengatakan dari tinjauan lapangan yang dilakukan, Gor Tipe B memiliki sarana dan prasarana yang cukup bagus. Sedikit yang menjadi koreksi adalah akses jalan ke Gor tipe B belum sempurna dan lingkungan sekitar Gor yang perlu dibenahi. 

"Saat kunjungan ke Gor Tipe B, terlihat sarana dan prasarana yang ada di dalam gor cukup bagus. Namun ada sedikit yang perlu dibenahi yaitu akses jalan ke Gor yang belum sempurna serta lingkungan di sekitar Gor yang perlu dibenahi agar terlihat lebih indah," ujarnya. 

Ditambahkan Muharnis, Saat melakukan kunjungan ke Objek Wisata Ngalau indah pihaknya kagum dengan keindahan alam yang dimiliki Kota Payakumbuh dimana hal tersebut akan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang akan berkunjung. Diharapkan kebersihan dan keamanan di Objek wisata lebih ditingkatkan serta Hal yang sangat penting saat ini adalah stakeholder terkait yaitu Disparpora Kota Payakumbuh dalam mempromosikan objek wisata ngalau indah agar banyak wisatawan yang berkunjung dan secara otomatis akan meningkatkan PAD KotaPayakumbuh. 

 "Objek wisata Ngalau Indah merupakan destinasi wisata yang sangat bagus. Disamping objek wisata, Ngalau indah juga dapat menjadi sarana olahraga. Semoga Kedepannya Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh dapat menggencarkan promosi pariwisata yang ada di Kota Payakumbuh agar para wisatawan dapat lebih mengenal lagi tentang Kota Payakumbuh serta secara otomatis akan meningkatkan PAD Kota Payakumbuh," ulasnya. 

Senada,Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Fraksi Partai Persatuan Pembangunan Edward DF, S.Sos mengatakan dari 2 objek kunjungan yang dilaksanakan, ada beberapa yang perlu dibenahi diantaranya perawatan, kebersihan dan promosi baik itu di Gor tipe B, maupun di Objek Objek Wisata Ngalau indah. 

" Di Gor Tipe B, selain akses jalan ke  Gor, lingkungan disekitar Gor agar dapat dibersihkan lagi dari rumput-rumput yang mulai meninggi. Perawatan dan kebersihan harus lebih ditingkatkan lagi," kata Edward

Ditambahkannya, Pemerintah khususnya Dinas Pariwisata agar dapat membenahi Objek Wisata Ngalau Indah dengan pembersihan jalan menuju puncak marajo yang sudah berlumut, Perawatan di dalam Goa Ngalau serta promosi yang harus digencarkan agar wisatawan mengetahui keindahan apa saja yang ada di kota Payakumbuh. 

"Objek Wisata Ngalau kita sangat bagus. Pembenahan, Penataan dan Promosi wisata sangat diperlukan agar menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kota Payakumbuh.Seterusnya kepada masyarakat diharapkan dapat menjaga objek wisata yang ada di kota kita dengan baik, mari jaga kebersihan dan keamanan objek wisata ini agar dapat kita nikmati hingga ke anak cucu," katanya

Sementara itu, Sekretaris Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Fraksi Partai Gerindra Yernita mengatakan di sekitaran Gor Tipe B diharapkan ada sarana pendukung olahraga seperti Kolam renang. Disekitar Gor juga perlu dibenahi dengan adanya taman dan pohon yang tertata rapi untuk menambah nilai dan keasrian disekitar Gor. 

Ditambahkan,Untuk Objek Wisata Ngalau, Ini merupakan Objek wisata Payakumbuh yang sangat indah dan perlu dipromosikan ke khalayak ramai. Pada zaman IT seperti saat ini diharapkan adanya promosi yang lebih luas. Selain destinasi wisata, Payakumbuh juga terkenal dengan kuliner dan adat istiadatnya yang sangat terjaga yang dapat menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung ke Payakumbuh. 

"Kota Payakumbuh merupakan kota yang memiliki destinasi wisata yang sangat indah, disamping pariwisatanya kota payakumbuh juga terkenal dengan kuliner dan adat istiadatnya. Ini diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk beekunjung ke kota Payakumbuh," ujarnya

Disisi lain, Anggota Komisi C DPRD Kota Payakumbuh Fraksi Partai PAN Opetnawati mengatakan sangat mengapresiasi kinerja pemerintah kota payakumbuh karena meski APBD dua tahun terakhir menurun karena adanya pandemi Covid-19 masih bisa membangun Gor Tipe B yang mewah dan memilki sarana dan prasaran yang lengkap meski ada sedikit yang perlu dilakukan pembenahan yaitu akses jalan menuju Gor Tipe B yang masih belum diaspal. Dan hal tersebut tidak menjadi masalah yang berarti karena tentu untuk pembenahannya diperlukan APBD dalam pelaksanaanya. 

Ditambahkannya, Pembangunan di Kota Payakumbuh beberapa tahun terakhir ini sangat meningkat pesat. Hal ini tak terlepas dari tangan dingin Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi yang patut diapresiasi dan dapat dijuluki sebagai bapak pembangunan. Mulai dari objek wisata, sarana dan prasarana olahraga dibangun dengan sangat baik dan penuh perhitungan. 

Opetnawati berharap dengan adanya Gor tipe B dan Objek Wisata Ngalau Indah dapat dilakukan promosi yang lebih gencar lagi sehingga Kota Payakumbuh menjadi destinasi wisata pilihan bagi para wisatawan baik dari nasional maupun internasional. 

"Payakumbuh tidak kekurangan destinasi wisata, kita hanya perlu mempromosikan keindahan wisata Kota Payakumbuh melalui brosur, spanduk maupun media sosial. Dengan gencar melakukan promosi diharapakan nantinya Kota Payakumbuh dapat dikenal baik oleh wisatawan nasional maupun internasional," tuturnya

Sementara itu, Anggota Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Fraksi Partai PKS Heri Iswandi, SE.Dt Rajo Muntiko Alam mengatakan Kota Payakumbuh memilki potensi untuk dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar daerah. Seperti halnya Sarana prasarana olahraga yaitu Gor Tipe B dan Objek wisata ngalau indah yang ada di Kota Payakumbuh. Kedua objek ini perlu dilakukan pembenahan dari berbagai sisi agar potensi yang dimiliki dapat dimanfaatkan dengan baik. 

Contohnya di Gor Tipe B perlu diadakannya pembenahan baik itu akses jalan, parkir serta fasilitas lainnya. Di Objek Wisata Ngalau Indah perlu dijaga kebersihan dan keamananya. Dengan lengkapnya fasilitas yang ada, ini merupakan salah satu daya tarik untuk para wisatawan berkunjung ke Kota Payakumbuh. Hal yang tak kalah penting lainnya adalah promosi baik secara langsung maupun online. 

"lebih gencar kita mempromosikan daerah kita ke luar daerah baik itu secara langsung melalui spanduk, brosur maupun dengan cara online, ini dapat lebih mudah menarik wisatawan untuk berkunjung ke Payakumbuh," ujar Heri

Ditambahkan Heri, Pihaknya di DPRD siap membantu dan mendukung penuh baik dalam anggaran maupun kebijaksanaan demi kemajuan Kota Payakumbuh. 

"Kami di DPRD siap membantu dan mendukung penuh kemajuan pembangunan dan objek wisata baik dalam anggaran maupun kebijaksanaan demi kemajuan Kota Payakumbuh," pungkasnya.(BM)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Komisi B DPRD Kota Payakumbuh, Tinjau Gor Tipe B dan Objek Wisata Ngalau Indah Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana