Lagi, Damkar Payakumbuh Evakuasi Binturung Dari Rumah Warga, Diserahkan Ke BKSDA

Payakumbuh (Rangkiangnagari) -  Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh kembali menyerahkan seekor Binturung kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatera Barat setelah hewan dilindungi tersebut dievakuasi dari kandang ayam milik warga di Kelurahan Bulakan Balai Kandi, Kecamatan Payakumbuh Barat, Rabu (19/1) malam.

Ini adalah binturung kedua yang diserahkan Damkar kepada BKSDA setelah sebelumnya juga pernah dilakukan proses evakuasi dari rumah warga di Ikua Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara pada pertengahan November 2021 lalu.

Binatang menyusui sejenis musang ini bentuk badan dan bulunya menyerupai beruang, berwarna abu-abu kehitam-hitaman dan kasar, ekornya panjang, biasa keluar malam untuk mencari makan, makanannya buah-buahan, pucuk daun, daging, dan telur.

Kabid Damkar Budi Kurniawan menerangkan awalnya petugas Damkar memenuhi permintaan bantuan dari pemilik rumah kalau ada binturung yang masuk ke kandang ayam di belakang rumahnya.

"Alhamdulillah kita berhasil mengevakuasi hewan yang dilindungi ini dengan selamat dan kita serahkan kepada BKSDA Provinsi Sumbar untuk ditindaklanjuti," kata Budi didampingi Kasi Ops Eci SH dan Danton Indra Jaya.

Dari keterangan pihak BKSDA Provinsi Sumbar yang berkantor cabang di Tanjung Pati, populasi binturung ini banyak di kawasan kelok 9. BKSDA sangat berterima kasih kepada damkar yang telah mengevakuasi hewan yang dilindungi dan berharap sinergitas dan kerjasama ini terus terjalin dengan baik.

Warga bisa meminta bantuan damkar untuk penyelamatan jiwa, atau evakuasi hewan berbisa dan berbahaya seperti tawon, biawak, ular, dan hewan lainnya dengan menghubungi quick response Pemadam Kebakaran di nomor 0752-92913. (Rn)

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.