SEKDA WAKILI BUPATI KUKUHKAN CAMAT KOTO BARU DAN CAMAT SITIUNG

Dharmasraya (Rangkiangnagari) - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang diwakili Sekda, Adlisman, kukuhkan sekaligus menyaksikan serah terima jabatan camat dan pelantikan Ketua TP PKK, di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Koto Baru dan Kecamatan Sitiung. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Pertemuan Kecamatan setempat, Rabu, (26/01/22).

Pengukuhan dan serah terima jabatan camat Koto Baru dari Marco Andiras kepada Hasnul Hadi yang sebelumnya menjabat Sekretaris Camat setempat. Sementara Marco Andrias akan menjalani aktifitas baru sebagai Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah

Sedangkan di Kecamatan Sitiung, pengukuhan Noviandri Rismi selaku camat baru untuk mengisi jabatan lowong yang belumnya dijalankan pelaksana tugas Defri Zuhendra, Sekcam setempat, yang pada minggu lalu mendapat promosi sebagai Sekretaris Dinas Sosial P3APPKB

Sekda dalam dua kesempatan itu mengucapkan terima kasih atas pengabdian dari Camat lama dan selamat kepada camat yang baru dikukuhkan hari ini. “Semoga pengabdian saudara bisa memperkaya pengalaman yang akan menjadi bekal di tempat tugas yang baru. Sekaligus menjadi amal kebaikan yang diterima oleh Allah SWT,” sebut Sekda.

Kata Sekda, pergantian atau mutasi sebagai Camat merupakan suatu dinamika alami sebuah organisasi. Sebagai bentuk pembinaan karir pegawaian, serta sebagai sarana penyegaran. Sementara secara pribadi mutasi jabatan ini tentu akan memperkaya pengalaman bertugas, dan bagi instansi kecamatan mutasi ini juga diharapkan dapat menjadi sarana penyegaran suasana di lingkungan kerja.

“Amanah yang diberikan kepada saudara akan dapat terlaksana dengan baik, jika saudara memiliki kompetensi dan integritas diri yang baik. Jabatan yang saudara emban ini merupakan kepercayaan pimpinan terhadap seorang ASN. Dengan berbagai pertimbangan yang matang dan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,” terang Sekda lagi.

Beliau mengingatkan masih banyak yang harus diperbuat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengembangkan berbagai komoditas unggulan untuk mempersembahkan prestasi terbaik demi kemajuan masyarakat. 

Oleh karena itu katanya, peran camat sangat penting, yakni bagaimana camat mampu member masukan ke Bupati maupun perangkat daerah tentang potensi daerahnya. Pasalnya yang mengetahui segala potensi kecamatan itu adalah camat.

Lebih lanjut dikatakan, keberadaan camat sangat sentral dan strategis dalam mendorong kemajuan suatu daerah. Hal tersebut dapat dilakukan apabila seorang camat memahami tugas dan fungsinya sebagai coordinator pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Disamping itu, Camat harus mampu memberdayakan masyarakat dalam setiap program pembangunan. Karena tanpa partisipasi aktif masyarakat pembangunan yang kita laksanakan akan sia-sia.

“Sebagai seorang pimpinan wilayah, saudara tidak hanya dituntut untuk menyelesaikan hal-hal administrasi saja. Tapi Camat juga harus peka dan mampu menyerap berbagai aspirasi masyarakat, serta mampu memberikan solusi dari berbagai permasalahan di masyarakat,” tegas Sekda lagi.

Diterangkan, Camat adalah pelayan masyarakat, bukan untuk dilayani. Sehingga senantiasa harus berada ditengah-tengah masyarakat. Serta selalu melakukan koordinasi dengan mitra kerja, seperti Polsek, Koramil dan juga para anggota DPRD Kabupaten Dharmasraya dari dapil ini.  Selain itu, dalam melaksanakan tugas Camat harus mengedepankan etika moral, kejujuran, keikhlasan dan memiliki rasa tanggung-jawab. 

“Saya yakin pengalaman saudara sebelumnya dalam berbagai tugas akan sangat membantu tugas-tugas saudara selanjutnya. Kemudian apabila terdapat permasalahan yang ada di wilayah saudara, apalagi terkait satu dngan yang lain maka hendaknya melalui koordinasi yang baik, dan segera lakukan evaluasi pada tingkat bahwa bersama staf,” beber Sekda.

Sekda juga mengharapkan kepada Camat yang baru dilantik agar mampu menciptakan kondisi yang kondusif di wilayah masing-masing, yang dimulai dengan menciptakan suasana kerja.(Rn)

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.