Satu Rumah Gadang di Agam Ludes Terbakar

BUKITTINGGI (RangkiangNagari) - Musibah kebakaran kembali melanda Kabupaten Agam, kali ini satu unit rumah gadang bagonjong terdiri dari 4  ruang milik suku Pisang kaum  Dt.Manindiah  di Tarok Jorong Kubang Duo Koto Panjang Nagari  Bukik Batabuah Kecamatan Canduang, hangus rata dengan tanah  sekitar pukul 11,30 Wib, Minggu (13/2).
Informasi diperoleh Topsatu menjelaskan, disaat musibah kebakaran terjadi,  tiba-tiba terdengar suara masyarakat meminta tolong sambil berteriak ada kebakaran di Tarok Jorong Kubang Jorong Koto Panjang, mendengar suara hiruk meneriakkan ada kebakaran, membuat masyarakat di sekitar lokasi kebakaran panik melihat kobaran api yang disertai gumpalan asap hitam membumbung ke udara.

Wali Jorong Kubang Duo Koto Panjang Nagari Bukik Batabuah, Yusef Rizal Dt. Tumamat saat dihubungi Wartawan Topsatu menjelaskan, musibah kebakaran menghanguskan satu unit rumah gadang 4 ruang itu hangus rata dengan tanah, semua isi perabot rumah dan pakaian tidak dapat dikeluarkan, karena kobaran api cukup besar menghanguskan bangunan rumah dengan usia sudah lama itu.
Dijelaskan, satu unit rumah gadang bagonjong dimamah sijago merah itu tersebut memiliki suku Pisang kaum Dt. Manindiah ludes terbakar rata dengan tanah dan satu lagi rumah permanen milik Asniwati (37) suku Pisang sebahgian atap dan loteng rumahnya hangus diperkirakan kerugian sementara ditaksir sekitar Rp200 juta, jelas Yusef Rizal Dt. Tumamat.        

Untuk membantu memadamkan api serta menyelamatkan sejumlah bangunan rumah di sekitar kebakaran, tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) Agam dan Damkar Kota Bukittinggi datang memberikan pertolongan untuk menjinakkan kobaran api.

Akibat musibah kebakaran meluluh lantakkan semua isi rumah gadang bagonjong di Tarok Jorong Kubang Duo Koto Panjang Nagari Bukik Batabuah Kecamatan Canduang itu tidak ada memakan korban jiwa, Peristiwa kebakaran tersebut saat ini dalam penyelidikan Polsek Ampek Angkek Canduang.

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.