Latest News

Dalam Rangka Reses Anggota DPR RI H. Darizal Basir Kunjungi SMKN 2 Painan dan Lainya.

Painan (Rangkiangnagari) - Dalam rangka Reses Masa Persidangan III Tahun 2021-2022. Anggota DPR RI Komisi I, Fraksi Partai Demokrat H.Darizal Basir, melakukan kunjungan kerja di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Barat 1. Kegiatan berlangsung kemarin di SMKN 2 Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. 

Kunjungan anggota DPR RI Komisi 1 yang juga mantan bupati Pesisir Selatan itu disambut Kepala SMKN 2 Painan, Yasrizon bersama para wakil kepala sekolah dan majlis guru. 

Selain menyerap aspirasi dari guru-guru, Darizal Basir pada kunjungan dalam rangka Reses Masa Persidangan III tahun 2021-2022 itu juga menyerahkan bantuan dana untuk kelanjutan pembangunan mushallah milik SMKN 2 Painan.

Mantan Bupati Pessel 1995-2005 tetsebut,  pada kesempatan itu membuka dialog dengan guru-guru setempat. Dialog yang dilakukan untuk membicarakan tentang, apa saja yang menjadi harapan untuk kemajuan SMKN 2 Painan ke depan. Umumnya, aspirasi yang disampaikan oleh para guru adalah minimnya sarana dan prasarana untuk kegiatan praktek. Kemudian sekolah ini membutuhkan satu unit kapal latih yang representatif guna menyiapkan SDM siap pakai di dunia kerja.

Hal itu direspon positif oleh Darizal Basir, dimana aspirasi yang disampaikan itu akan dibahas di tingkat fraksi. 

"Nanti, atas nama fraksi yang merekomendasi, sekaligus meneruskan aspirasi itu kepada kementerian terkait. Namun demikian, kita juga berharap agar pihak sekolah menyampaikan pula usulan penambahan sarana dan prasarana praktek itu kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pendidikan,"jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, SMKN 2 Painan awalnya bernama SMKN Kelautan dan Perikanan Pesisir Selatan. Akan tetapi, akhirnya diganti nama menjadi SMKN 2 Painan. 

Dengan perubahan nama, maka sekolah itu tidak lagi berada di bawah kewenangan Dinas Kelautan dan Perikanan, tapi sudah di bawah kewenangan Dinas Pendidikan.

Padahal, kalau masih bernama SMKN Kelautan dan Perikanan akan banyak bantuan maupun program yang masuk dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagaimana SMKN Kelautan yang ada di daerah lain.

"Mengganti nama dari SMKN Kelautan dan Perikanan menjadi SMKN 2 Painan itu sangat kita sayangkan, mengingat berdirinya sekolah itu dilatar belakangi dengan potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang dimiliki Kabupaten Pesisir Selatan. Untuk mengelola potensi kelautan dan perikanan yang cukup besar itu dibutuhkan SDM handal tamatan SMKN Kelautan dan Perikanan," tuturnya.

Disebutkan, pembangunan gedung SMKN Kelautan dan Perikanan dilaksanakan pada masa kepemimpinan Bupati Pesisir Selatan, Darizal Basir yang berlokasi di Sago, Kecamatan IV Jurai. Sekolah itu didirikan untuk mempersiapkan SDM yang handal guna menggarap potensi kelautan dan perikanan yang begitu besar.

Selain itu, tamatan SMKN Kelautan dan Perikanan dipersiapkan pula untuk mengikuti seleksi program training praktek kerja ke Jepang. Hal itu sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan negara yang akan menerima yakni Jepang melalui lembaga pendidikan kejuruan.

Untuk program training praktek kerja ke Jepang ini, pihaknya sekolah terlebih dahulu menyiapkan siswanya. Sebelum seleksi, para guru tersebut diminta untuk memberikan pembekalan kepada siswa yang akan mengikuti seleksi.

Pembekalan bertujuan agar siswa itu lulus optimal pada seleksi program training praktek kerja yang akan dilakukan oleh perusahaan Jepang yang bergerak di bidang penangkapan ikan laut tersebut. Biasanya, siswa yang akan mengikuti seleksi itu terdiri dari dua jurusan yakni Teknik Kapal Penangkap Ikan (TKPI) dan Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI).

Sementara itu Kepala SMKN 2 Painan, Yasrizon menyampaikan terima kasih atas kunjungan Anggota DPR RI, H.Darizal Basir dalam rangka Reses Masa Persidangan III tahun 2021-2022 ke sekolahnya. Ia juga mengaku, sudah lama merindukan kedatangan Anggota DPR RI, Darizal Basir ke sekolah tersebut.

"Kedatangan bapak Darizal menjadi berkah bagi kami. Karena, kami bisa langsung berdialog, sekaligus menyampaikan aspirasi secara langsung kepada beliau terkait dengan kekurangan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah ini. Semoga aspirasi yang kami sampaikan bisa beliau perjuangkan di tingkat pusat, demi kemajuan pendidikan di SMKN 2 Painan ke depannya," harap Yasrizon.

Setelah melakukan kegiatan Reses di SMKN 2 Painan. Selanjutnya, H Darizal Basir, mengunjungi Mushalla Nurul Iman Laban, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan. Kunjungan tersebut untuk menyerahkan bantuan Al Quran, Iqra' dan atap seng. Pada kesempatan itu H.Darizal juga bersilaturahmi dengan warga setempat. (Dodi)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Dalam Rangka Reses Anggota DPR RI H. Darizal Basir Kunjungi SMKN 2 Painan dan Lainya. Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana