Latest News

DHARMASRAYA SUKSES MENGGELAR PENCANANGAN BBD DAN BBGRM

Dharmasraya (Rangkiangnagari) - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang diwakili oleh Sekda Dharmasraya, Adlisman membuka Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma (BBD) dan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022 di Kabupaten Dharmasraya. Acara ini dihadiri oleh seluruh kabupaten kota se-Sumatera Barat, yang digelar di Embung Rawang Tinjau Kenagarian Sitiung Kecamatan Sitiung, Rabu (9/03/22).

Dalam sambutannya Sekda menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran TP PKK Kabupaten Dharmasraya dan OPD karena telah mempersiapkan acara ini dengan semaksimal mungkin. Kegiatan ini terlaksana merupakan kerja sama dan koordinasi serta komunikasi yang baik dari seluruh unsur-unsur terkait. “Dan semoga acara ini dapat memberikan kesan yang baik dan menyenangkan bagi seluruh tamu dari kabupaten kota se-Sumatera Barat,” harap Sekda.

Kata Sekda, dasawisma sebagai salah satu wadah kegiatan masyarakat memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam melaksanakan dan mensukseskan 10 program pokok PKK yang pada akhirnya akan berpengaruh pada pencapaian program PKK. Karena dasawisma merupakan ujung tombak keberhasilan program PKK. Dimana PKK merupakan organisasi super body dan apa saja, karena hampir semua urusan dalam kehidupan sehari-hari masuk dalam program kerja PKK. Mulai dari urusan rumah perkarangan, keturunan, keseharan, lingkungan hidup sampai pada peran para kader PKK dalam pencegahan Covid-19 dan pencapaian vaksinasi. Keberadaannya benar-benar terasa sebagai mitra dari pemerintah daerah.

Keberadaan dan fungsi kelompok dasawisma dan kader PKK sangatlah strategis dalam upaya pemberdayaan masyarakat, yang dimulai dari pemberdayaan masyarakat dan akhirnya akan menciptakan kontribusi. Baik langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan. 

“Khusus untuk kami di Kabupaten Dharmasraya pembangunan saat ini menitikberatkan pada keterlibatan masyarakat dalam proses perencanaan pelaksanaan dan pengawasan pembangunan itu sendiri. Dan dengan adanya dana desa juga memberikan peluang yang besar bagi kita semua, termasuk program pokok PKK. Dimana sesuai dengan program prioritas dana desa yakni pemberdayaan masyarakat, maka PKK melalui kelompok dasawisma juga dapat berbuat lebih dengan menghadirkan kegiatan-kegiatan yang produktif dan inovatif dalam rangka mendorong pemberdayaan keluarga,” tegasnya lagi. 

Pemerintah daerah juga telah memberikan baju kerja lapangan bagi 2.783 ketua kelompok dasawisma dan secara rutin telah memberikan dana insentif bagi seluruh ketua kelompok dasawisma se-Kabupaten Dharmasraya setiap bulannya, dan sudah berjalan lebih kurang lima tahun belakangan ini.

Pemkab juga sangat mengapresiasi TP PKK di setiap jenjang, mulai dari nagari hingga kabupaten khususnya kelompok kelompok dasawisma yang merupakan ujung tombak PKK, yang telah melakukan berbagai kegiatan dan mendukung program pemerintah dalam mensehajterakan masyarakat. “Mari kita terus apresiasi kinerja program-program PKK dalam mendukung program pemerintah, meskipun banyak kegiatan yang dilakukan kader PKK dan dasawisma. Namun saya yakin kerja utama dalam mengurus rumah tangga tetap dilakukan dengan baik oleh para kader dasawisma, karena tugas rumah tangga adalah hal yang utama,” ungkapnya. 

Sekda juga berharap kegiatan ini dapat menjadikan momentum yang memiliki makna dan peran strategis khususnya dalam menjadikan keluarga-keluarga sejahtera. Sebagai unit terkecil dari masyarakat, tempat dimulainya revolusi mental karena keluarga merupakan wahana utama dalam membentuk generasi muda penerus bangsa yang berkarakter. Dan dengan semangat yang sama hendaknya dapat kembali membudayakan gotong-royong di tengah-tengah masyarakat.

“Saya berharap melalui 10 program PKK seluruh pengurus tim pengerak PKK dan juga para kader dasawisma terus berkontribusi positif, untuk mampu mempercepat terwujudnya keluarga-keluarga yang berkarakter dan bahagia. Menjadikan keluarga pelopor perubahan sebagai salah satu sumbangsih dal

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: DHARMASRAYA SUKSES MENGGELAR PENCANANGAN BBD DAN BBGRM Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana