Latest News

Loka POM di Payakumbuh Belum Temukan Bahan Berbahaya Dalam Takjil

PAYAKUMBUH (Rangkiangnagari) - Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) di Kota Payakumbuh, hingga saat ini belum menemukan bahan kimia berbahaya dari 54 sampel takjil yang diperiksa.

Kepala Loka POM di Payakumbuh, Iswadi, Kamis, mengatakan bahwa pengecekan yang dilakukan pihaknya dalam rangka menjamin makanan yang dijual pedagang aman untuk dikonsumsi.

"Dari 54 sampel takjil yang kita periksa itu tidak kita temukan bahan-bahan berbahaya seperti Boraks, Formalin, Rhodamin B, dan Methanil Yellow," ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa sampel takjil yang diperiksa diambil dari pedagang yang berjualan di beberapa lokasi usaha mikro, kecil, dan menengah.

"Ada cendol, tahu, roti dan lain-lain. Alhamdulillah belum ada yang kita temukan memiliki zat atau bahan berbahaya," katanya.

Loka POM di Payakumbuh telah melakukan pemeriksaan sejak awal ramadhan 1443 H. Tersebar di 4 wilayah kerja Loka POM di Kota Payakumbuh, yakni di Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Bukittinggi, dan Kabupaten Agam.

Iswandi mengatakan, makanan yang mengandung zat berbahaya akan berbahaya bagi tubuh manusia jika dikonsumsi secara terus menerus.

"Karena itu, saya meminta agar seluruh pedagang untuk tidak menggunakan bahan-bahan atau zat berbahaya. Pilihlah bahan-bahan yang tidak berbahaya dan memiliki izin dan terdaftar," tutupnya. (mt/a)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Loka POM di Payakumbuh Belum Temukan Bahan Berbahaya Dalam Takjil Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana