Fokus Penanggulangan Kemiskinan, Pemerintah Kota Payakumbuh Gelar Rapat Koordinasi.

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) – Dalam rangka penanggulangan kemiskinan, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar rapat koordinasi dan komitmen  bersama penanggulangan kemiskinan di Kota Payakumbuh tahun 2022 yang dihadiri oleh  Kepala OPD terkait di Aula Ngalau Indah Kantor Wali Kota Payakumbuh,Kamis(14/7).


Rapat Koordinasi tersebut dipimpin Wali Kota Payakumbuh, diwakilkan oleh Asisten II Elzadaswarman didampingi Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus, Kepala Bappeda Payakumbuh Yasrizal dan Narasumber kemiskinan dari TNP2K Pusat Toton Dartono.

Dalam sambutannya, Elzadaswarman mengatakan  ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penanggulangan kemiskinan yaitu perlu adanya pertemuan rutin untuk melakukan evaluasi dan monitoring program-program penanggulangan kemiskinan melalui tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah yang sudah ada.

"Pastikan bahwa DTKS dengan memperioritaskan rumah tangga  miskin menjadi tumpuan sasaran program-program penanggulangan kemiskinan,” ujarnya

Elzadaswarman atau yg akrab disapa Om Zet juga menyampaikan perlu adanya pengembangan mekanisme dan validasi secara berkala dengan data yang akurat sehingga lebih tepat sasaran. Selanjutnya, mengevaluasi sejauh mana isu kemiskinan sudah menjadi isu penting dalam perencanaan di Kabupaten/Kota dan juga seluruh OPD, sehingga semua bergerak bersama untuk menurunkan angka kemiskinan di Kota Payakumbuh.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh BPS, Jumlah penduduk miskin di Kota Payakumbuh mengalami penurunan dalam kurun waktu 4 (empat) tahun terakhir dan mengalami kenaikan pada tahun 2021 sebesar 0,51%, terang Om Zet

Dikesempatan yang sama, Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus mengatakan kegiataan ini  sebagai salah satu bentuk bagian dari upaya kita dalam mengentaskan kemiskinan di Kota Payakumbuh.

Program dan kegiataan penanggulangan kemiskinan tidak akan efektif kalau di laksanakan secara parsial. Program dan Kegiatan haruslah di laksanakan secara Simultan, Terintegrasi dan Terfokus, serta di dukung oleh data yang valid dan akurat.

Penguatan program tersebut perlu adanya sinergisitas bersama pelaku pengembangan usaha Ekonomi Mikro Masyarakat dan Swasta, Penguatan atau Dukungan tersebut di harapkan bisa membantu mengurangi Angka Kemiskinan.

"Dengan adanya komitmen bersama antara pemerintah daerah, DPRD dan dengan kerjasama antara pihak yang terkait, komitmen yang kuat, kekuatan data, penciptaan inovasi dan kolaborasi diantara berbagai pihak, besar harapan saya semoga penanggulangan kemiskinan di Kota Payakumbuh bisa tercapai dan mengalami penurunan dari tahun ke tahun sehingga tercipta kesejahteraan yang merata bagi masyarakat Kota Payakumbuh," kata Hamdi

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.