Latest News

Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Bupati Rusma Yul Anwar Hadiri Pembukaan MTQ Ke 40 Tingkat Pessel

Painan (Rangkiangnagari) - Perhelatan Akbar Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-40 tingkat Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2022 resmi digelar.  Acara yang dilaksanakan di Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan itu dibuka Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi Ansharullah dan dihadiri Bupati Rusma Yul Anwar bersama Wabup Rudi Hariansyah.

Terlihat Hadir dalam acara tersebut, Gubernur Sumbar H. Mahyeldi Ansharullah, Kabid Penaiz Zawa Kanwil Kemenag Sumbar, H. Yufrizal, Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, Wabup Rudi Hariansyah. Ketua DPRD Pessel, Ermizen, Sekda, Mawardi Roska, Kakan Kemenag Pessel, H. Abrar Munanda. Para OPD dilingkup Pemkab Pessel, Jajaran Kemenag dan sejumlah tokoh masyarakat dari berbagai kalangan. 

Gubernur Mahyeldi, dalam sambutannya mengatakan.  MTQ  merupakan salah satu perlombaan atau festival, baik tingkat nasional, provinsi, kabupaten, dan kecamatan, sampai tingkat nagari.

"MTQ merupakan salah satu upaya untuk mengokohkan nilai-nilai spritualisme keagamaan di Sumatera Barat, sesuai dengan falsafah hidup di Minang Kabau, Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah," ungkap gubernur.

"Dengan MTQ ini dapat menjadikan semakin baiknya pola pikir, menghadirkan pikiran-pikiran, dan karakter-karakter yang positif, serta melahirkan generasi-generasi yang mempunyai kecerdasan spritual, yang merupakan modal untuk membangun Pesisir Selatan,  bangsa dan negara tercinta," lanjut gubernur.

Gubernur Mahyeldi berharap, semoga pelaksanaan MTQ ke-40 Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan ini bisa menghasilkan SDM yang unggul, profesional, SDM yang maju, dan berakhlak.

Sementara itu Bupati, Rusma Yul Anwar mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia baiknyang di kabupaten maupun kecamatan, yang telah bekerja dengan sepenuh hati.

"MTQ adalah kegiatan yang berjenjang, ini sudah kali yang ke-40 kita laksanakan, yang mana MTQ ini bertujuan membumikan Alquran, dan diharapkan mampu mensyiarkan agama dan memperbaiki prilaku, akhlak insan," ungkap bupati.

"Jadikanlah MTQ ini sebagai momentum untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, hendaknya betul-betul dapat melakukan perubahan terhadap prilaku," ujar bupati.

"Tidak ada prestasi yang berhasil berdasarkan kesepakatan- kesepakatan terselubung dan mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, dan tidak akan ada artinya ketika sebuah kemenangan diperoleh dengan cara yang tidak benar," tambah bupati.

Bupati berharap kepada segenap panitia MTQ agar bisa mengevaluasi terhadap kegiatan mensyiarkan dan membumikan Alquran di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Juga kepada qori dan qoriah tidak hanya sebatas bisa, atau mampu membaca, akan tetapi juga bisa mengimplementasikannya di dalam kehidupan nyata," harap bupati. 

Sebelumnya,  Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Helmi, diwakili, Kabid Penaiz Zawa, H. Yufrizal. Dalam sambutannya  mengatakan, MTQ tingkat Kabupaten Pesisir Selatan ini sebagai ajang mencari bibit-bibit unggul qurani dan menjaring potensi untuk bisa maju ke tingkat provinsi nantinya.

"Untuk itulah Kantor Kementerian agama bersinergi dengan Pemerintah Daerah Pesisir Selatan. Bahwa penyelenggaraan MTQ bisa menjadi ajang pembinaan bagi para generasi muda agar menjadi generasi yang qur'ani," terang H. Yufrizal. (Rn)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Bupati Rusma Yul Anwar Hadiri Pembukaan MTQ Ke 40 Tingkat Pessel Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana