NAGARI MUARO PAITI TOREHKAN TINTA EMAS, TERBAIK II LOMBA DESA/NAGARI SE SUMBAR

Limapuluh Kota (Rangkiangnagari) - Nagari Muaro Paiti, Kecamatan Kapur IX menorehkan tinta emas  untuk Kabupaten Limapuluh Kota pada penghujung Juli 2022.  Nagari yang terletak di  kecamatan paling Timur  Limapuluh Kota, ini menggondol Terbaik  ke II pada Lomba Desa/ Nagari dan Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022. Kepastian raihan Nagari Muaro Paiti berdasarkan Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor; 414-512-2022.  Kendati tampil sebagai runner up,   Pemerintah Nagari dan warga Muaro Paiti tetap menyambut kabar gembira  ini dengan bangga dan penuh rasa syukur.

"Alhamdullilah, warga Muaro Paiti bersyukur dengan prestasi sebagai Nagari Terbaik ke-II se Sumatera Barat, ini  membuat Pemerintah Nagari Muaro Paiti semakin termotivasi untuk bahu membahu dengan warga untuk menjadikan Muaro Paiti lebih maju ke depannya," kata Camat Kapur IX Wiko Putra kepada Tim Kominfo, Minggu (24/07/2022). 

Posisi  ke-II membuat Nagari Muaro Paiti tak menjadi wakil Provinsi Sumatera Barat pada Lomba Desa Tingkat Nasional. Adalah Desa Kubang Tangah,  Lembah Segar, Kota Sawahlunto, sebagai Juara I Lomba Nagari/Desa se-Sumbar 2022, yang mengantongi tiket untuk bertarung pada Lomba Desa Tingkat Nasional 2022. "Meski sekarang kita belum Terbaik I,  setelah ini Pemerintah Nagari Muaro Paiti, akan terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan ke warga. Inshaa Allah kita nanti akan menyamai prestasi Nagari Taram," ujar Camat Wiko Putra. Sebagaimana diketahui Nagari Taram, Harau tahun 2019 dipimpin Wali Nagari Defrianto Ifkar mencatat prestasi gemilang sebagai Juara I Lomba Kelurahan/ Desa Berprestasi Tingkat Nasional pada Regional I Nasional. 

"Atas nama pemerintah daerah, kita mengucapkan selamat untuk Pemerintah Nagari Muaro Paiti dan warga, walau pun belum juara I, namun  raihan  membanggakan dari Nagari Muaro Paiti, justru  akan mendorong nagari-nagari lainnya  untuk juga berprestasi," ucap Bupati Limapuluh Kota Safaruddin sebagaimana dikutip dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari  (DPMD/N) Limapuluh Kota Endra Amzar oleh Tim Kominfo.  

Bupati Safaruddin juga berpesan setiap nagari hendaknya bisa mewujudkan inovasi dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di wilayah masing-masing. Dalam menyusun perencanaan pembangunan agar selaras dengan visi dan misi daerah, untuk itu kata Bupati Safaruddin sebagaimana dituturkan Kepala DPMD/N,"Kepada para wali nagari yang telah dilantik dan telah melaksanakan  serah terima jabatan baru-baru ini agar segara menyusun RPJM Nagari sejalan dengan visi dan misi daerah dengan mengutamakan kebutuhan daerah dan masyarakat."  

Di sisi lain, Kepala DPMD/N menginformasikan bahwa posisi terbaik  Lomba Desa/Nagari se Sumbar 2022 berturut-turut   adalah Terbaik I Desa Kubang Tangah, Lembah Segar, Sawahlunto, disusul Terbaik II  Nagari Muaro Paiti, Kapur IX, Limapuluh Kota dan Terbaik III dikunci oleh Nagari Gadut, Tilatang Kamang, Agam. "Masing-masing pemenang diberikan penghargaan dan hadiah, Nagari Muaro Paiti sebagai terbaik II selain memperoleh penghargaan juga akan diberikan hadiah sebesar Rp 20 juta," tambah Kepala DPMD/N  Endra Amzar. 

Di sisi lain, Camat Kapur IX mengisahkan perjalanan prestasi Nagari Muaro Paiti yang mengharumkan nama Limapuluh Kota di pentas Sumbar tidaklah mudah. Sebagaimana layaknya antero nagari di Kapur IX,  komoditas gambir adalah andalan utama penopang ekonomi rumah tangga warga. Di masa Pandemi Covid-19 setidaknya selama dua tahun, komoitas gambir  mengalami kelesuan pasar. "Dalam situasi ekonomi terdampak Pandemi Covid-19, Pemerintah Nagari Muaro Paiti menciptakan inovasi untuk melayani masyarakat dan melapangkan beban hidup warga seperti Pelayanan Administrasi Terpadu Nagari (Padan), program Santunan Anak Yatim Nagari Muaro Paiti (Satu Hati), memberdayakan Pasar Nagari sebagai tempat kenduri, serta menjaga kearifan lokal yang sekaligus berpotensi sebagai daya tarik wisata seperti Lomba Selaju Sampan," jelas Wiko Putra.  

Inovasi-inovasi itu kata Camat Kapur IX yang disodorkan kepada Tim Penilai Lomba Desa/ Nagari se Sumbar. Isyarat bahwa Nagari Muaro Paiti akan berbicara banyak di pentas Sumbar semakin menguat pada tanggal 20 Juni 2022, saat nagari ini masuk lima besar desa/nagari se Sumbar  dan dinilai  Tim Evaluasi Lomba Desa/Nagari Sumbar 2022.  Hari itu Tim Evaluasi, didampingi Bupati Safaruddin serta  dipimpin langsung oleh Kepala DPMD Sumbar Amasrul melakukan serangkaian penilaian akhir sebelum penentuan pemenang Lomba Desa/Nagari Tingkat Sumbar 2022. (Rn)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.