Latest News

Kemenag Pessel Gelar Sosialisasi Pengarusutamaan Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan

Painan (Rangkiangnagari) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Menggelar Sosialisasi Pengarusutamaan Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan,serta Pembinaan bagi Penyuluh Agama Islam Lingkup Kemenag Setempat Tahun 2022. Kegiatan berlangsung Kamis (4/8) di Hotel Hannah Painan. 

Kepala Kantor Kemenag Pessel, H. Abrar Munanda. Diwakili,Kasi Bimas Islam, H. Firdaus dalam sambutannya mengatakan. Penyuluh agama adalah ujung tombak kementerian agama di daerah. Justru itu harus sebutnya, penyuluh agama harus memiliki wawasan yang luas,agar memiliki kinerja yang baik di masyarakat.

Selanjutnya, Kasi Bimas Islam H. Firdaus menjelaskan,bahwa. Pemerintah pusat ,melalui Kementerian Agama RI melahirkan Program Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan. Terkait program itu diharapkan para penyuluh agama harus mampu menjadi agen. Terutama di wilayah binaan.

Dalam kesempatan itu Kasi Bimas Islam H Firdaus, menyampaikan permohonan maaf Kakan Kemenag Pessel yang tidak dapat hadir mengikuti kegiatan tersebut. 

“Sebelumnya, saya menyampaikan permohonan maaf Bapak Kemenag Pessel, Pak H. Abrar Munanda. Sedianya beliau hadir namun ada tugas lain di Kanwil Kemenag Sumbar sehingga beliau tidak dapat hadir." Ungkap Kasi Bimas Islam H Firdaus. 

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Helmi, diwakili Sub Koordinator Penyuluh Agama Islam, Dr. H. Thomas Febria. Dalam kesempatan itu menyampaikan. Para penyuluh agama di daerah ini harus mengetahui dan memahami Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) sebagai seorang penyuluh agama. 

“Sebagai penyuluh agama kita harus mengetahui tugas dan fungsi,agar bisa memberikan pelayanan dan pembinaan yang baik bagi masyarakat," terangnya. 

Sosialisasi Pengarusutamaan Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan serta Pembinaan bagi Penyuluh Agama di lingkup Kemenag Pessel diikuti oleh 25 orang peserta. Kegiatan itu berlangsung selama satu hari dengan tiga orang nara sumber. 

Adapun nara sumber itu antara lain, Kasi Bimas Islam Kemenag Pessel H Firdaus.  Koordinator Penyuluh Agama Islam Kanwil Kemenag Sumbar, Dr. Thomas Febria dan Juli Armadhan Kurniawan Penyuluh Agama Islam Propinsi Sumbar. 

Pada kesempatan itu Seksi Bimas Islam Kemenag Pessel, juga memberikan penghargaan buat Penyuluh Agama Islam Teladan Tingkat Pessel.Mereke yang mendapatkan penghargaan itu ialah. Pertama,  Fatmi. Penyuluh Agama Islam Fungsional KUA IV Jurai. Kedua, Zarmon, Penyuluh Agama Islam Non PNS KUA Kecamatan Koto XI Tarusan. (Rn/Dd)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Kemenag Pessel Gelar Sosialisasi Pengarusutamaan Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana