Latest News

Ribuan Orang Saksikan Tabuik Pariaman 2022

PARIAMAN (RangkiangNagari) – Ribuan pengunjung menyaksikan pesta pesona Hoyak Tabuik Piaman 2022. Pesta Pesona Hoyak Tabuik Piaman di buka secara resmi Gubernur Mahyeldi, di Pantai Muaro Pariaman, Minggu (14/8).

Hadir di kesempatan itu, Anggota DPR RI. H.John Kenedy Aziz, Forkompida Sumbar, Kakanwil Hukum dan HAM, Forkompida Kota Pariaman, Walikota Padang, Hendri Septa, Wabup Padang Pariaman, Rahmang dan sejumlah tokoh ranah dan rantau.
Genius Umar mengatakan dua tahun terakhir tabuik tidak bisa digelar, karena pandemi Covid-19 yang melanda. Di 2022 ini, acara bisa digelar.

Dikatakannya, sebelum acara ini dilaksanakan, Pemko Pariaman bermusyawarah dengan urang tuo dan anak Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang. Dari hasil musyawarah itu, diputuskan Tabuik 2022 dilaksanakan.

Ia berharap tabuik ini hendaknya dapat dijadikan sebagai momentum ataupun jembatan dalam pengembangan wisata di Kota Pariaman.

Genius melaporkan kepada gubernur, prosesi tabuik berlangsung selama dua pean. Selama itu jumlah kunjungan di prediksikan 250 ribu orang. Apabila satu orang berbelanja di Kota Pariaman sebesar Rp 200 ribu, maka uang berputar di Kota Pariaman mencapai Rp 50 Milyar.

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan dua tahun pantai pariaman sepi dari hiruk pikuk dan gandang tambua. Di 2022 ini, pantai Pariaman telah ramai. Begitupun, bunyi gandang tambua muncul kembali.

Karena, telah dimulainya Pesta Pesona hoyak Tabuik ini, maka diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum mengembangkan sector pariwisata. Begitupun, kondisi dan situasi hendaknya lebih baik dari sekarang. Wabah yang melanda negeri ini dua tahun lalu, hendaknya tidak terjadi kembali, supaya aktifitas bisa berjalan dengan baik.

 

#Rn

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Ribuan Orang Saksikan Tabuik Pariaman 2022 Rating: 5 Reviewed By: Umarzam