Kadis Pendidikan Kota Payakumbuh Dr. Dasril M.Pd Raih Penghargaan Nasional Anugerah Pendidikan Indonesia (API) 2022

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) - Prestasi luar biasa kembali diraih oleh Kota Payakumbuh, dimana Kepala Dinas Pendidikan Dr. Dasril M.Pd sukses meraih Penghargaan Nasional Anugerah Pendidikan Indonesia (API) 2022.

Penghargaan tingkat nasional itu diberikan kepada 37 tokoh berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia tanggal 7 September nomor 230/PP/KEP/13/IX/2022 tentang Penerima Augerah Pendidikan Indonesia Ikatan Guru Indonesia Tahun 2022.

"Saya dan 36 orang tokoh dari berbagai daerah dan latar belakang profesi di Indonesia dinilai telah berkontribusi positif dan berjasa dalam hal Peningkatan Kompetensi Guru dan Mutu Pendidikan di Indonesia tahun 2022," kata Dasril saat dihubungi media, Jumat (16/9).

Penghargaan itu diberikan dalam Penerimaan Anugerah Pendidikan Indonesia Ikatan Guru Indonesia 2022 (API IGI 2022) yang bertempat di ruang Cendrawasih Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta Kamis, 15 September 2022.

Acara seremoni yang berlangsung khidmat dan hangat tersebut dan dihadiri oleh tokoh-tokoh nasional antara lain Gubernur DKI Anis Rasyid Baswedan P.hD., Stafsus Presiden RI Diaz Faisal Malik Hendropriyono, Perwakilan GESS ASIA Matt Thompson Projec Direktur At Tarsus, Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. khofifah Indarparawansa M.Si. yang juga penerima API 2022, Plt. Dirjen GTK Kemdikbudristek RI Prof. Nunuk Suryani, Direktur GTK Kemenag RI  Dr. Muhammad Zain, Tokoh Publik Helmy Yahya, Tokoh Pemuda Nasional Alwis Rustam yang juga Direktur Eksekutif APEKSI, Ketua IGI pusat Danang Hidayatullah bersama pengurus IGI pusat dan daerah.

Dasril menambahkan, IGI Kota Payakumbuh yang baru berdiri 2017 memang selalu melakukan kegiatan-kegiatan peningkatan kompetensi guru, dalam bentuk workshop baik secara luring dimasa sebelum pandemi dan sesudah pandemi begitu juga melalui daring selama pandemi.

"Jadi IGI selalu bergerak meningkatkan kompentesi guru sesuai dengan mottonya “Sharing and Growing Together”, dan akhirnya IGI Kota Payakumbuh ditetapkan sebagai salah satu organisasi profesi pelaksana program organisasi penggerak oleh Kemendikbudristek RI di tahun 2021 dan alhamdulillah pada tahun 2022 ini masih tetap berlanjut. Dalam setiap kegiatan selalu didukung Pemko Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan Kota, baik secara moril dan materil," kata Dasril.

Sementara itu, menurut Ketua Umum IGI Danang Hidayatullah, sebagai salah satu organisasi profesi guru, IGI yang banyak didukung oleh guru-guru milenial yang kreatif ini akan terus berupaya berpartisipasi dalam berbagai kegiatan untuk terus secara nyata berkontribusi untuk peningkatan kompetensi profesional guru dan kesejahtraan guru dalam rangka peningkatan akses layanan dan mutu pendidikan di Indonesia dan akan terus berkoordinasi serta berkolaborasi dengan tokoh-tokoh hebat di tingkat daerah, nasional maupun internasional.

"Peran leadership para tokoh yang peduli dan concern dengan peningkatan mutu pendidikan melalui  peningkatan kompetensi guru akan terus difasilitasi IGI," kata Danang Hidayatullah.

Lain lagi dengan Helmi Yahya, si Raja Kuis Indonesia ini menyampaikan bahwa kehadirannya adalah berkat bimbingan dan motivasi dari guru-guru hebat yang pernah membimbingnya, tanpa bimbingan mereka Dia yang anak seorang penjual kacamata bekas di Kota Palembang sana tidak akan menjadi Raja Kuis Indonesia.

"Untuk itu saya akan terus berjuang dengan mengambil peran dalam upaya meningkatkan kompetensi guru. Kalau dokter salah suntik korbannya mungkin satu pasien saja, tapi kalau guru salah mendidik maka korbannya bisa satu generasi anak bangsa. Maka seorang guru harus terus meningkat kompetensinya untuk itu saya menghimbau agar para tokoh Nasional dan daerah yang hari ini menerima Award Anugerah Pendidikan Indonesia serta para pemerhati pendidikan lainnya marilah kita bergandengan tangan untuk terus membantu guru-guru meningkatkan kompetensinya," tukuk Helmi Yahya dalam Pidatonya.

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.