Kebakaran, 5 Petak Rumah Warga Bukittinggi Ludes

BUKITTINGGI (RangkiangNagari) – Sebanyak lima petak rumah warga yang berada di belakang Terminal dan Pasar Aur Kuning, Bukittinggi, Sumatera Barat hangus terbakar pada Kamis pagi.

Kebakaran di lokasi padat penduduk di Barumbuang Dua, RW 04, Kelurahan Tarok Dipo ini membuat kemacetan panjang karena ramainya warga ke lokasi yang juga bersebelahan dengan sekolah dasar.
Menurut warga setempat, api berasal dari penumpukan barang bekas yang dikumpulkan pemilik rumah di salah satu pekarangan.

“Pastinya saya tidak tahu juga karena apa, yang terlihat asal api dari barang bekas yang ditumpuk di sudut pekarangan dari lima petak rumah ini,” kata Rinto Simbolon (62) di Bukittinggi, Kamis.

Beberapa unit mobil pemadam kebakaran dari berbagai daerah tampak mengevakuasi dan berhasil memadamkan api yang menimbulkan perhatian warga Bukittinggi.

Rinto mengatakan rumah kayu itu sudah berdiri sejak lama di daerah setempat dan terkadang juga mengalami kebanjiran.

“Sering kena banjir juga, rumah itu ditempati saudara kami dari warga Sumatera Utara, sebagiannya pemulung dan buruh,” kata dia.

Kapolsek Kota Bukittinggi, Kompol Rita Suryani mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran.

“Ada sekitar 30 jiwa yang terdampak, kami kerja sama dengan Pemkot Bukittinggi untuk penanganan korban hingga tempat tinggal sementara,” kata Kompol Rita.

Kabid Opersasi Dinas Damkar, Havid Febrian menyebut ada lima armada dari Kota Bukittinggi dan dua lainnya dari Kabupaten Agam.

“Proses pemadaman sekitar 45 menit, api cepat membesar karena bangunan dari kayu, kerugian ratusan juta, kami mengimbau kewaspadaan warga,” kata dia.

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.