Belasan Bunga Raflesia Mekar di Kabupaten Solok

SOLOK (RangkiangNagari) - Tim Belukar Pokdarwis Tangaya, Nagari Saniangbaka, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, menemukan belasan bunga raflesia yang mekar di kawasan hutan nagari setempat sepanjang tahun ini.

Koordinator Wisata Alam (Belukar) Pokdarwis Tangaya Muhammad Rizki mengatakan hingga awal Oktober 2022 ini, pihaknya telah menemukan sebanyak 18 bunga langka raflesia di Nagari Saniang Baka, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok.
“Bahkan yang akan mekar dalam bulan ini kami temukan masih ada satu lagi. Kemudian dalam dua pekan ke depan diperkirakan juga akan ada yang akan mekar,” katanya.

Selain itu, untuk bonggol bunga masih banyak yang akan mekar untuk bulan-bulan berikutnya dari 18 bunga raflesia yang telah ditemukan mekar.

Ia mengaku baru menemukan bunga langka itu sejak bulan Oktober di tahun lalu. Kemudian mulai dilakukan penelitian tentang penyebaran inang raflesia (akar Liana/tetrastigma) di kawasan Nagari Saniangbaka.

Ia juga mengatakan sejauh ini pihaknya telah melakukan konservasi dan observasi terhadap bunga langka tersebut.

Menurutnya untuk lokasi bunga tersebut cukup jauh dari pemukiman sebagian di hutan adat dan sebagian lagi di hutan SM Barisan.

Bagi pengunjung yang ingin melihat langsung dapat menghubungi Pokdarwis Belukar. Dengan ketentuan bisa menjaga lingkungan dan harus di kawal oleh Pokdarwis Belukar sebagai penjagaan. 


#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.