Latest News

Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pembinaan Dewi Cantik Kelurahan Pakan Sinayan

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) - Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Desa Wisata Statistik (Dewi Cantik) Kelurahan Pakan Sinayan BPS Kota Payakumbuh diadakan pada Hari Kamis, 27 Oktober 2022 di Kelurahan Pakan SInayan, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh. Kegiatan kali ini sangat istimewa karena BPS Kota Payakumbuh mendapat kunjungan dari Statistisi Ahli Utama BPS RI, Bapak Dr. Adi Lukmasono dan Kepala BPS Provinsi Sumatera Barat, Ir. Herum Panjarwati, MM beserta jajaran.

Pada kegiatan dewi cantik ini, lurah pakan sinayan menyampaikan terimakasih kepada pihak terkait karena menjadikan kelurahan pakan sinayan sebagai satu-satunya kelurahan yang terpilih menjadi target dewi cantik di Sumatera Barat. Lurah pakan sinayan menyampaikan bahwa pembinaan yang dilakukan BPS Kota Payakumbuh dilakukan setiap minggunya. Kegiatan ini sangat bermanfaat karena pegawai kelurahan mendapatkan ilmu yang belum pernah dipelajari sebelumnya terkait penggunaan data statistik kelurahan.

Kepala BPS Kota Payakumbuh, menyampaikan bahwa Kelurahan Pakan Sinayan merupakan satu dari 10 Kelurahan di Indonesia yang terpilih. Pemilihan ini tidak lain karena Kelurahan Pakan Sinayan merupakan kelurahan yang paling siap dan memenuhi kriteria dewi cantik. Harapannya dengan pembinaan ini, dapat menjadi alas bagi pemerintah daerah untuk menjadikan kelurahan lainnya sebagai kelurahan yang dapat mengolah data yang ada menjadi data yang bisa digunakan oleh masyarakat.

Kegiatan pembinaan desa wisata statistik merupakan kegiatan yang terintegrasi dengan statstik dan merupakan percepatan dari Satu Data Indonesia (SDI). Pernyataan ini disampaikan oleh BPS Provinsi Sumatera Barat pada acara tersebut. Ibu Kepala juga menyampaikan bahwa BPS akan memberikan penghargaan bagi kelurahan dewi cantik terbaik.
Kegiatan ini merupakan quick wins dari BPS yang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata, ungkap Bapak Dr. Adi Lukmasono, Statistisi Ahli Utama BPS RI. Harapannya agar pembinaan ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi-potensi keluarahan. Pak Adi memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi Kelurahan Pakan Sinayan yang dapat menyerap ilmu yang sudah diberikan menjadi output yang dapat di presentasikan dan di akses melalui social media.

Dalam kegiatan ini, Bapak Afrizal, SE selaku ketua tim Dewi Cantik menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan ini dilakukan pada tanggal 9-31 Agustus 2022, setelah launching pada tanggal 29 Juli 2022. Pembinaan ini lebih berfokus pada pemanfaatan data dan informasi pariwisata dan penunjang pariwisata. Kegiatan ini dilakukan per minggunya dimana pemateri berasal dari ASN BPS Kota Payakumbuh.

 

#Rn

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pembinaan Dewi Cantik Kelurahan Pakan Sinayan Rating: 5 Reviewed By: Umarzam