MTQ NASIONAL XI TINGKAT KABUPATEN DHARMASRAYA TAHUN 2022 SEGERA DIGELAR

Dharmasraya (Rangkiangnagari) - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XI Tingkat Kabupaten Dharmasraya akan digelar pada Tanggal 17 sampai 19 November 2022. Tema yang diangkat pada MTQ kali ini adalah "Qurani Membumi, Generasi Berbudaya"

Bertindak sebagai tuan rumah Kecamatan Padang Laweh. Seremoni Pembukaan rencananya akan digelar di mimbar utama tepatnya di Lapangan Sepak Bola Nagari Sopan Jaya, Kecamatan Padang Laweh pada Senin Tanggal 17 November. 

Demi suksesnya gelaran akbar yang ditunda pelaksanaannya selama dua tahun ini karena COVID-19, Kecamatan Padang Laweh sebagai tuan rumah bersama panitia terus mempersiapkan diri mulai dari kesiapan sarana atau lokasi lomba, hingga persiapan susunan acara yang sampai hari ini terus dimatangkan panitia. 

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman, melalui Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Sarbaini, ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya menyampaikan, sesuai arahan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, gelaran MTQ tahun ini harus lebih sukses dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, serta membawa pengaruh positif untuk Masyarakat Kabupaten Dharmasraya. 

"Instruksi pak bupati memang seluruh OPD, camat, dan seluruh masyarakat Dharmasraya dapat menyukseskan MTQ tahun ini, sesuai peran kerjanya masing-masing, sampai hari terus kita matangkan dan persiapkan, " kata Sarbaini, Rabu (19/10/2022) di Pulau Punjung.

Dijelaskan, MTQ IX setidaknya akan ada 10 Cabang yang dilombakan, yakni pertama, Cabang Tilawah yang terdiri dari empat golongan, TK, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa, kedua, Cabang Tartil  terdiri Tartil Dasar, Tartil Menengah, dan Umum, Ketiga, Tahfidz Quran terdiri dari, Golongan 10 Juz, Golongan 20 Juz, Golongan 30 Juz, Golongan 1 dan 5 Juz, Tilawah Golongan 1 dan 5 Juz Non Tilawah, dan keempat Fahmil Qur'an.

Kemudian, Khattil Quran terdiri Golongan Naskah, Golongan Hiasan Mushaf, Golongan Dekorasi, Golongan Kontemporer, seterusnya Khutbah Jumat dan Adzan,  ketujuh Musabaqah Syahril Qur'an (MSQ),  kedelapan Kitab Standar, kesembilan Bintang Qosidah yang terdiri Golongan Anak-anak, Golongan Remaja, dan Golongan Dewasa, dan ke-10 yakni cabang lomba  Karya Tulis Ilmiah Al-Quran (KTIQ)

"Sedangkan untuk Dewan Hakim sebanyak 50 orang terdiri dari, dewan kakim kabupaten sebanyak 35 orang, dan dewan hakim provinsi sebanyak 15 orang. Sementara untuk susunan acara dan lokasi lomba dalam persiapan panitia," tutur Sarbaini lagi.

Ditambahkan, MTQ akan diikuti 11 kafilah kecamatan se Kabupaten Dharmasraya, yang berdasarkan data sementara, tidak kurang dari 1000 orang peserta dan official akan ambil bagian memperebutkan posisi terbaik di setiap kategori lomba.

Selain itu, untuk semaraknya penyelenggaraan MTQ kali ini, juga akan didukung pameran UMKM yang diselenggarakan Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil, Menengah, dan Perdagangan (Kumperda), dan Bazar sembako murah Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya.(Rn/Wy)

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.