Bupati Rusma Yul Anwar Salurkan Bantuan Beasiswa Baznaz Pessel Untuk 900 Mahasiswa

Painan (Rangkiangnagari) - Bupati Rusma Yul Anwar menyerahkan bantuan beasiswa dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).  Bantuan diberikan untuk 900 orang mahasiswa Pessel  yang kuliah di luar Pesisir Selatan.  Bertempat di gedung (PCC), Bantuan senilai 1.500.000 (Satu juta lima ratus ribu) rupiah perorangan itu  diserahkan secara simbolis  Selasa (1/11) 

Hadir pada acara penyerahan beasiswa itu Wakil Ketua DPRD, Aprial Habbas.  Ketua Baznas Kabupaten Pesisir  Selatan, Yose Leonando, anggota Forkopimda, sejumlah kepala perangkat daerah, dan para undangan lainnya.

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar dalam sambutannya mengatakan, bantuan beasiswa tersebut bertujuan untuk meringankan beban orang tua dalam memenuhi biaya kuliah anak-anaknya. Beasiswa yang disalurkan oleh Baznas itu adalah zakat dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.

"Saya berharap agar bantuan beasiswa yang disalurkan itu dipergunakan sesuai dengan kebutuhannya. Sebab, bantuan beasiswa yang disalurkan kepada mahasiswa itu, sasarannya memang mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu bupati juga berharap agar mahasiswa lebih giat dan sungguh-sungguh menjalani kegiatan perkuliahan agar berhasil mencapai cita cita. Sebab, keberhasilan seseorang itu tergantung pada dirinya sendiri.

 "Jika ingin berhasil, maka kita harus belajar lebih giat dan sungguh-sungguh. Sebab, keberhasilan itu memang tergantung dari diri kita sendiri," ingatnya.

Bupati berharap agar Baznas Kabupaten Pesisir Selatan lebih maksimal dalam menggarap semua potensi zakat, salah satunya dari para perantau yang sukses di luar daerah.  Selain itu juga diharapkan Baznas mengoptimalkan potensi zakat dari lembaga-lembaga non pemerintah.

Disebutkan, Pemerintah Kabupaten Pesisir tetap fokus melakukan pembangunan bidang pendidikan dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

Hal itu juga menjadi visi Kabupaten Pesisir Selatan lima tahun ke depan. "Kita berharap pelaksanaan pembangunan pendidikan itu mendapat perhatian dan dukungan dari semua pihak," harapnya.

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Pesisir Selatan, Yose Leonando mengatakan, tahun 2022 ini Baznas menyalurkan bantuan beasiswa untuk mahasiswa yang kuliah di luar Pesisir Selatan sebanyak 900 orang. Masing-masing mahasiswa itu diberikan bantuan beasiswa sebesar Rp 1.500.000.

Dikatakan, sebelumnya mahasiswa itu mengajukan proposal bantuan beasiswa kepada Baznas Kabupaten Pesisir Selatan. Lalu Baznas melakukan verifikasi, sehingga ditetapkan sebanyak 900 mahasiswa yang kuliah di luar Pesisir Selatan memenuhi syarat untuk menerima bantuan beasiswa tersebut.

Ia menambahkan, selain beasiswa untuk mahasiswa yang kuliah di luar daerah, Baznas juga menyerahkan beasiswa kepada mahasiswa yang kuliah dalam daerah sebanyak 162 orang masing-masing Rp 1 juta. "Kita berharap bantuan beasiswa itu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan dan biaya kuliah," harapnya.

"Total dana bantuan beasiswa untuk mahasiswa  dan pelajar SMP, MTsN dan SD tahun 2022 ini sebesar Rp 3 miliar.  Kita menyampaikan permohonan maaf, karena keterlambatan penyerahan beasiswa, karena banyaknya kegiatan," ungkapnya.  (Rn/Dd)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.