Latest News

Fly Over Sitinjau Lauik, Ternyata Andre Rosiade Benar

PADANG (RangkiangNagari) – “Alhamdulillah, jadi apa yang saya ungkap ke masyarakat Dapil Sumbar I beberapa waktu lalu menjadi kenyataan, sekali lagi kerja nyata, kami Partai Gerindra untuk Sumbar terbukti dan fakta, terima kasih Pak Menteri Basuki yang mau meninjau Sitinjau Lauik tadi,” ujar Andre Rosiade.

Publik atau netizen Sumbar pasti ingat bagaimana hebohnya pemberitaan terkait dua anggota DPR RI asal Sumbar soal pembangunan fly over Sitinjau Lauik.
Anggota DPR RI dari Partai Gerindra Andre Rosiade awalnya membeberkan ke publik bahwa Fly Over Sitinjau Lauik siap ditender awal 2023.

Tapi beberapa hari setelah itu, Anggota DPR RI dari PAN Athari yang merupakan anggota Komisi Infrastruktur DPR RI justru membantah tidak ada rencana pembangunan flyover Sitinjau Lauik, bahkan dibumbui pernyataan politisi jangan suka sebar berita bohong.

Atas dua berita kontradiktif itu, publik dan netizen pun heboh, Andre Rosiade pun dibully dan digoreng di berbagai grup media sosial.

Tapi apa, hari ini omongan Ketua Partai Gerindra Sumbar ini pun terbukti, Menteri PUPR memastikan pembangunan Flyover Sitinjau Lauik pada 2023.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Rabu (2/10/2022) melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Barat (Sumbar).

Menteri bersama Gubernur Sumbar, Mahyeldi, dan anggota DPR RI Athari Gauthi Ardi meninjau beberapa titik pembangunan dan rencana Flyover Sitinjau Lauik, Pantai Padang dan Tol Padang – Pekanbaru, ruas Padang – Sicincin.

Bahkan Sitinjau Lauik menjadi tujuan pertama rombongan. Menteri Basuki melihat langsung kondisi jalan nasional tersebut terutama pada titik longsor serta badan jalan yang rawan terban.

Kepada gubernur, Menteri PUPR memastikan jalan Sitinjau Lauik harus dibenahi dan perencanaan pembangunan flyover harus dilaksanakan pada 2023 mendatang.

“Kementerian PUPR mendukung pembangunan Flyover Sitinjau Laut. Insyaallah akan kita bangun, tapi harus review DED dulu. Seluruh persoalan perizinan dan lahan diselesaikan Pemda,” ujar Menteri Basuki.

Gubernur menyambut positif hal tersebut dan mengatakan akan segera menindaklanjuti arahan dan masukan dari menteri.

“Alhamdulillah Pak Menteri memenuhi janji beliau untuk datang ke Sumbar dan melihat langsung proyek yang ada di Sumbar. Beliau berjanji akan datang ke Sumbar saat saya mengunjungi beliau beberapa waktu yang lalu. Alhamdulillah banyak hal yang disampaikan kepada kami. Mudah-mudahan masukan tadi langsung diakomodir dengan merubah desainnya, sehingga dimulai perencanaan dan pelaksanaannya tahun 2023 nanti insyaallah,” ujar Mahyeldi dikutip.dari rilis Diskominfotik Sumbar.

Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR) Sumbar, Era Sukma Munaf menyebut untuk rencana Fly Over Sitinjau pada tahap pertama untuk kawasan Panorama I, dengan perkiraan dana Rp1,6 triliun.

“Proses review desain untuk Panorama I itu, untuk exit dan entry-nya karena ada perubahan tikungan. Kalau bisa tuntas di pertengahan 2023, termasuk izin hutan lindungnya, Insyaallah langsung dilaksanakan dengan sistem KPBU dengan HK,”ujar Era.

Usai dari Sitinjau Lauik, rombongan juga mengunjungi kawasan Pantai Padang, yang merupakan tindak lanjut dari surat gubernur tentang antisipasi banjir rob dan ombak yang kuat, hingga tsunami.

Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mengatakan syukur atas kehadiran Menteri PUPR meninjau. Sitinjau Lauik hati ini.

“Alhamdulillah, jadi apa yang saya ungkap ke masyarakat Dapil Sumbar I beberapa waktu lalu menjadi kenyataan, sekali lagi kerja nyata, kami Partai Gerindra untuk Sumbar terbukti dan fakta, terima kasih Pak Menteri Basuki yang mau meninjau Sitinjau Lauik tadi,” ujar Andre Rosiade.

Tol Pacin Tuntas 2024

Terakhir, menteri bersama rombongan meninjau kondisi proyek jalan Tol ruas Padang-Sicincin (Pacin). Menteri meminta Juli 2024, pengerjaan jalan Tol ruas Padang-Sicincin sudah selesai.

“Untuk Tol, Juli 2024 selesai. Kuncinya sekarang ada di daerah. Tergantung kepada dukungan dari pemerintahan kabupaten, kota dan juga provinsi. Kalau seandainya jalan itu tanahnya clear, maka kita siap untuk membangun. Kuncinya ialah clear dalam masalah tanah,” tegas menteri.

Menanggapi soal pembebasan lahan, gubernur menyatakan kesiapan menyelesaikan pembebasan lahan hingga desember tahun ini.

“Insya Allah untuk persoalan administrasi pembebasan lahan selesai desember 2022. Mudah-mudahan kami pemerintahan provinsi, juga dengan dukungan Bu Athari dari DPR RI, dengan kolaborasi dan sinergi serta komunikasi yang baik dapat menyelesaikan semua persoalan yang dihadapi,” ujar Mahyeldi.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR RI yang membidangi Infrastruktur, Athari Gauthi Ardi, menyatakan akan terus mendukung dan ikut mengawasi prosesnya, mulai dari rencana sampai ke pembangunannya Fly Over nanti.

Athari berkomitmen akan terus mengawal dan mengawasi pembangunan ini sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai Anggota DPR RI dari Sumbar.

 

#Rn

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Fly Over Sitinjau Lauik, Ternyata Andre Rosiade Benar Rating: 5 Reviewed By: Umarzam