Latest News

 Sapras Literasi Di Kota Randang Bertambah, Dibantu Perpusnas RI

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) - “Kakok Tangan” Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Kota Payakumbuh Prima Yanuarita untuk memperjuangkan sarana dan prasarana literasi yang representatif di Kota Payakumbuh membuahkan hasil.

Pada tahun 2022 ini, Kota Payakumbuh mendapatkan 2 bantuan hibah dari Perpustakaan Nasional RI. Ada mobil perpustakaan keliling beserta kelengkapannya yang dilengkapi dengan bahan baca pustaka dan alat multimedia. Serta pojok baca digital atau perpustakaan digital yang ditempatkan di Mal Pelayanan Publik (MPP).

Kepala Dinas Prima Yanuarita saat diwawancara media, Rabu (30/11) di kantornya, mengatakan bantuan mobil pustaka keliling saat ini baru didapatkan oleh 39 Kabupaten/Kota se Indonesia, termasuk Pemko Payakumbuh.

Mobil ini dilengkapi koleksi buku 500 eksemplar, perlengkapan multimedia terdiri 1 paket digital library system, 4 unit tablet android, 1 unit genset, 1 unit modem, 1 unit smart TV 32 inch, 1 unit multimedia speaker, dan 1 unit UPS 2000 VA.

“Mobil ini diserahkan oleh Perpusnas RI pada 24 November, kita menjemput dan membawa langsung mobilnya dari Perpusnas RI dari Jakarta ke Kota Payakumbuh,” kata Prima.

Kemudian, lanjut Prima, untuk sarana prasarana pojok baca digital terdiri dari 1 unit server ID, Router, Modem, 4 unit PC all in one, 1 unit TV LED 43″, 5 Tablet (Galaxi Tab A7 Lite), 3 Unit karpet tile 50 x 50, 1 Unit UPS Power, 4 unit meja all in one, 1 unit meja mimbar/resepsionis, 2 unit rak buku kanan kiri, 1 unit rak kabinet, 1 unit back drop, 1 unit sofa, 4 unit kursi, dan bahan baca pustaka.

“Bantuan pojok baca digital diantar langsung oleh Perpusnas RI ke Pemko Payakumbuh. Kita terima langsung di MPP pada 29 November 2022,” terangnya.

Prima juga menyampaikan harapan penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda, dengan adanya tambahan sarana dan prasarana literasi di Kota Payakumbuh, pemerintah bisa lebih banyak melayani masyarakat untuk literasi yang semakin nyata.

“Kita selalu mengirimkan kondisi perpustakaan dan berapa jumlah yang harus dilayani kepada Perpusnas RI. Alhamdulillah perjuangan kita berbuah manis, kedepan ada lagi bantuan lain yang akan kita gapai demi terciptanya pelayanan literasi yang prima di Kota Randang,” pungkasnya didampingi Sekretaris Dinas Joni dan Kabid Perpustakaan Irwandi.

 

#Rn

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed:  Sapras Literasi Di Kota Randang Bertambah, Dibantu Perpusnas RI Rating: 5 Reviewed By: Umarzam