Latest News

 Rutin 6 Kali dalam Setahun Gelar Donor Darah, PMI Berharap PT Semen Padang jadi Role Model bagi Perusahaan Lain

PADANG (RangkiangNagari) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang mengapresiasi PT Semen Padang yang selalu konsisten menggelar donor darah sekali dalam 2 bulan. Bahkan, organisasi perhimpunan nasional yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan ini berharap agar perusahaan lain di Kota Padang ini bisa menjadikan PT Semen Padang sebagai role model dalam kegiatan donor darah.

Hal itu, disampaikan Kepala Bagian Teknis Labor Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Padang, dr. Diana Ayu Irsanti, disela-sela donor darah dengan tema “Give Blood Give Life” yang digelar PT Semen Padang melalui Unit Corporate Social Responsibility (CSR), di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang, Selasa (27/12/2022).
Diana menyampaikan PT Semen Padang disebut sebagai role model, karena sejauh ini di Kota Padang baru PT Semen Padang yang selalu konsisten 1 kali dalam 2 bulan menggelar donor darah secara rutin. “Sedangkan perusahaan lain, biasanya menggelar donor darah hanya dalam rangka HUT perusahaan dan lain sebagainya,” ujar Diana.

Terkait donor darah yang digelar secara rutin oleh PT Semen Padang, lebih lanjut Diana menyampaikan bahwa itu sangat membantu kebutuhan stok darah di UTD PMI Kota Padang di tengah rendahnya suplai darah dari pendonor, ditambah lagi pemintaan darah oleh pasien setiap hari itu angkanya fluktuatif.

Namun, Diana tidak menyebutkan jumlah stok darah yang ada di UTD PMI Kota Padang saat ini. “Yang jelas, stok darah sangat rendah, tidak aman. Kalau stok aman itu, angkanya minimal 1000 kantong darah. Untuk mengantisipasi stok darah, bisanya kami meminta donor darah pengganti kepada keluarga pasien yang membutuhkan darah,” katanya.

Camat Lubuk Kilangan, Elfian Putra Ifadi yang turut hadir mendonorkan darahnya, juga mengapresiasi PT Semen Padang yang terus menggelar donor darah secara rutin. “Ini luar biasa sekali. Baru PT Semen Padang yang rutin menggelar donor darah sekali dalam 2 bulan. Artinya, setahun itu ada 6 kali. Saya berharap, ini terus dipertahankan,” katanya.

Donor darah, kata Elfian melanjutkan, adalah aksi sosial yang nyata. Sebagai sesama manusia, tentunya donor darah ini sebuah bantuan yang sangat baik sekali untuk orang yang membutuhkan transfusi darah. Apalagi, stok darah yang ada di PMI Kota Padang kondisinya selalu paceklik atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

Untuk itu, Elfian mengimbau kepada semua orang, khususnya warga Lubuk Kilangan, untuk ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya ke UTD PMI Kota Padang, ataupun ke tempat-tempat kegiatan donor darah yang digelar PMI Kota Padang, termasuk di kegiatan donor darah yang digelar PT Semen Padang.

“Saya mengibaratkan kalau pendonor itu tidak ada bank-nya. Makanya, tidak bisa dinilai dengan uang. Maka dari itu, kita lah para pendonor ini yang menjadi bank darah. Jadi, saya berharap banyak masyarakat Lubuk Kilangan berpartisipasi untuk mendonorkan darahnya,” kata Elfian yang sudah 44 kali ikut donor darah.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang, Iskandar Z. Lubis yang diwakili Kepala Seksi Program Pendanaan UMK Unit CSR PT Semen Padang, Satrio Rian Bhakti mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin PT Semen Padang yang digelar melalui Unit CSR, Unit Humas & Kesekretariatan dan juga Serikat Pekerja Semen Padang (SPSP).
“Target kami dalam setahun itu 1600 kantong darah bisa kami kumpulkan melalui kegiatan donor darah yang digelar 6 kali setahun. Ini komitmen kami. Nah, untuk donor darah hari ini, itu digelar Unit CSR. Dan, dilatar belakangi oleh ketersediaan stok darah di PMI Kota Padang yang jauh dari kata cukup,” katanya.

Bagi Unit CSR PT Semen Padang, sebut Satrio, kegiatan donor darah ini juga bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang berorientasi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) berpedoman kepada ISO 26000 sebagai panduan pelaksanaan program.

“Program TJSL ini terdiri dari 4 pilar. Untuk donor darah sekarang ini, itu masuk ke pilar sosial. Alhamdulillah, kegiatan donor darah ini selalu mendapat dukungan dari para karyawan Semen Padang Group dan keluarga, serta masyarakat lingkungan perusahaan. Dan, setiap kegiatan donor darah yang kami lakukan, minimal itu bisa terkumpul sekitar 250 kantong darah,” ujarnya.

288 Kantong Darah Terkumpul

Donor darah yang digelar Unit CSR PT Semen Padang itu dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB, dan diikuti oleh insan karyawan Semen Padang Group, keluarga karyawan dan masyarakat sekitar perusahaan PT Semen Padang. Pada donor darah ini, sebanyak 288 kantong darah berhasil dikumpulkan dan diserahkan ke UTD PMI Kota Padang.

Salah seorang pendonor bernama Zulkifli menyebut bahwa dirinya sudah 18 kali ikut donor darah yang digelar PT Semen Padang. Selain sangat dibutuhkan oleh pasien yang membutuhkan transfusi darah, bagi dirinya pribadi mendonor darah secara rutin itu juga untuk kesehatan. “Donor darah secara rutin itu membuat jantung kita senantiasa sehat dan bisa menurunkan resiko terjadinya kanker,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan pendonor lainnya bernama Nureka Setiawati. Kata dia, manfaat donor darah bagi pendonor yang teratur dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Dan tentunya proses mendonorkan darah ini akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien. “Donor darah secara rutin juga membantu kita untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh,” katanya.

 

#Rn

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed:  Rutin 6 Kali dalam Setahun Gelar Donor Darah, PMI Berharap PT Semen Padang jadi Role Model bagi Perusahaan Lain Rating: 5 Reviewed By: Umarzam