Kepala KUA IV Jurai Ajak Guru TPQ Ikut Makmurkan Masjid

Painan (Rangkiangnagari) - Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Zaimal Elpetani. Mengajak seluruh guru TPQ di wilayah itu agar turut serta menjadi penggerak, untuk memakmurkan masjid/mushalla di tempat ia mengajar mengaji.

Hal itu disampaikan KUA Zaimal Elpetani saat memberikan pembinaan bagi guru TPQ di kawasan Lumpo, Kamis (16/02) di Masjid Nurul Iman Ampuan Lumpo. 

"Pada kesempatan ini saya mengajak semua kawan-kawan Guru TPQ. Mari kita bersama untuk memakmurkan masjid atau musholla tempat kita mengajarkan Al-Qur'an." Ungkap Kepala KUA IV Jurai Zaimal Elpetani. 

Menurutnya, guru TPQ hendaknya tidak  hanya mengajarkan anak membaca Al-quran. Namun juga diharapkan dapat mendidik mereka agar sholat berjamaah di masjid. 

Selain itu, disarankan agar guru TPQ mengajak anak untuk menjaga kebersihan sarana ibadah. Seperti tempat sholat dan tempat berwudhu. 

"Saya berharap kawan-kawan bisa menjadi penggerak, agar masyarakat bersama bisa memakmurkan masjid. Jaga kebersihan tempat sholat dan tempat berwudhu. Apalagi daerah kita adalah daerah wisata yang akan banyak dikunjungi wisatawan, tambahnya. 

Terdapat beberapa pesan yang disampaikan Kepala KUA IV Jurai Zaimal Elpetani dalam acara Sapa Guru TPQ tersebut. Pertama, mengajaka guru TPQ untuk memakmurkan masjid dengan menjaga kebersihan lingkungan dan mengaktifkan sholat berjamaah. Kedua, menyarankan kepada pengurus TPQ agar  mendaftarkan lembaga pendidikannya, melalui Sistem Pelayanan dan Tanda Daftar Pendidikan Al-Qur'an (SIPDAR PQ).

Selanjutnya, Menyarankan agar para guru TPQ bisa mengikuti kegiatan Sapa TPQ setiap sebulan sekali. Serta meningkatkan kompetensi sebagai tenaga pendidik. 

Kegiatan Sapa Guru TPQ di se Wilayah Lumpo tersebut dihadiri oleh Penyuluh Agama Islam KUA IV Jurai. Pengurus dan segenap guru TPQ dari  26 lembaga TPQ yang ada di 11 Kenagarian di kawasan Lumpo. (Rn/Dd)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.