MAN 2 Padang Tingkatkan Mutu Pendidikan Dengan Studi Lapangan

Padang (Rangkiangnagari) - Demi meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas dan berkompeten, MAN 2 Padang lakukan study lapangan ke BMKG Padang Panjang dan Ngarai Sianok yang terletak di perbatasan Kota Bukittinggi, di Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Kamis, 23/2). 

Sebanyak 140 siswa-siswi kelas IPS Geografi mengikuti kegiataan ini. Dalam rangka pengaplikasian dari pembelajaran mata pelajaran terutama geografi.

Kepala Sekolah MAN 2 Padang Drs. H. Akhri Meinhardi menyampaikan siswa yang sebelumnya belajar dikelas, menjadi memiliki wawasan yang berlebih ketika melakukan studi lapangan. Hal ini berkaitan kurikulum merdeka yang sekarang diterapkan sekolah agar siswa bisa lebih aktif dan kreatif berinteraksi lebih dengan alam dan lingkungan yang berada disekitarnya.

"InsyaAllah kita akan melakukan MOU dengan BMKG agar setiap tahun kegiatan ini akan terus berlangsung" kata Penanggung Jawab Studi Lapangan Novita Anwar sekaligus guru Geografi MAN 2 Padang. 

Kegiataan di mulai dengan bekunjung ke BMKG Padang Panjang, disana siswa-siswi diberikan pembekalan ilmu berupa materi tentang BMKG dan mengenalkan alat-alat, kegunaan serta fungsi dalam mendeteksi gempa, tsunami serta beberapa kejadian alam lainnya. 

Pemateri sekaligus Staff Data dan Informasi BMKG Padang Panjang Widya Sapta Rahayu, ST mengatakan kegiataan ini sangat bagus bagi siswa-siswi dalam mengenal beberapa mekanisme pengamatan yang dilakukan oleh BMKG  Padang Panjang untuk penunjang mata pelajaran di sekolah. Siswa-siswi terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan kunjungan tersebut.

Kemudian kegiatan dilajutkan di Ngarai Sianok dengan cara siswa-siswi langsung bersentuhan dengan alam. Disana mereka diberikan pertanyaan dan merumuskan teori yang telah dipelajari dengan cara pengaplikasian dengan memperhatikan lingkungan alam sekitar.

Dilanjutkan dengan beberapa kuis dan fun game khusus berkorelasi dengan geografi dan informasi tentang alam sekitar yang telah dirancang oleh Alam Maimbau Adventure yang telah dipercaya menjadi tim pelaksana oleh MAN 2 Padang  berkolaborasi dengan Bunga Padi Official. 

"Pelaksanan yang dilakukan dengan penuh rencana dan tersistematis dengan baik agar tercapainya tujuan dalam pembelajaran yang mereka laksanakan pada studi lapangan, kata Arahmy Febrina selaku owner Alam Maimbau Adventure.

"Hal seperti ini akan sangat berkesan dan dapat diserap oleh siswa-siswi dalam melakukan pembelajaran, juga merupakan bukti kepandaian sekolah dalam membentuk karakter siswa-siswi dalam berfikir dan membimbing secara intens siswa-siswi dalam pembelajaran," Ujar Zura Wenda selaku pembicaraan dari Bunga Padi Official.(Irawan Winata/NHBS/Ayu)

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.