Latest News

Perwanaliko 2023-2026 Resmi Dilantik, Forkopimda Minta Perwanaliko Ciptakan Energi Positif

Lima Puluh Kota (Rangkiangnagari) - Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Conrat Yusuf dan Dandim 0306/50 Kota Letkol. M. Deny Nurcahyono kompak meminta kepada pengurus Persatuan Wali Nagari Limapuluh Kota (Perwanaliko) periode 2023-2026 untuk menciptakan energi positif dalam membangun sinergi dan ruang komunikasi antara pemerintah daerah, nagari, TNI dan Polri sebagai upaya mendukung kebijakan pemerintah pusat dan mensukseskan program pembangunan di Nagari, Kabupaten hingga Nasional. Permintaan Bupati, Kapolres, dan Dandim yang tergabung dalam Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) tersebut disampaikan ketiganya sesaat setelah menyaksikan pelantikan Perwanaliko periode 2023-2026 di pendopo rumah dinas Bupati, Rabu (22/02/2023). Diawali dengan pembacaan hasil musyawarah luar biasa Perwanaliko yang diselenggarakan di Aula Bank Nagari Payakumbuh 15 Februari lalu, Ketua Perwanaliko secara resmi dilantik oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, dan disaksikan oleh Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Conrat Yusuf, Dandim 0306/50 Kota Letkol.Inf. M.Deny Nurcahyono, Wakapolres Payakumbuh Kompol Russirwan, Asisten 1 Herman Azmar, Kepala DPMDN Endra Amzar beserta seluruh Wali Nagari  di Limapuluh Kota.

Penyul Hasni, Wali Nagari Sungai Naniang dipercaya menjadi Ketua Umum Perwanaliko, adapun Lakon Siska (Situjuah Banda Dalam), Asra Arafat (Batu Ampa), Zarul Kasmi (Koto Bangun) didapuk sebagai ketua 1, 2, dan 3. Sementara itu Wali Nagari Balai Panjang Idris dipercaya menjadi sekretaris yang dibantu oleh wakil sekretaris Eko Pratama (Koto Tuo). Sedangkan Yondrifer (Simalanggang) mengisi pos Bendahara umum dan akan dibantu wakilnya  Yori Noviola (Limbanang).

Bupati Safaruddin di bagian lain penyampaiannnya mengatakan, Perwanaliko merupakan organisasi yang menjadi wadah dalam menyampaikan aspirasi, koordinasi, fasilitasi bagi pemerintah dan masyarakat nagari demi terwujudnya nagari yang maju dan sejahtera. Selain itu, lanjut Bupati, dengan menyelaraskan visi daerah melalui kemitraan antara pemerintah nagari dan lembaga yang ada di pemerintahan daerah akan menyokong pembangunan dan kesejahteraan di nagari. "Kami berharap Perwanaliko dapat membantu program pemerintah daerah untuk meningkatkan pembangunan Kabupaten Limapuluh Kota dengan menggali potensi nagari yang berujung pada peningkatan perekonomian masyarakat," ucap Bupati. Selain itu, Ia juga menghimbau kepada anggota Perwanaliko untuk menjaga kondusifitas di nagari, terlebih tahun ini diprediksi akan memasuki masa resesi dan lonjakan inflasi yang tinggi. "Salah satu upaya menjaga stabilitas nagari adalah dengan memaksimalkan potensi di nagari dan merangkul semua elemen di nagari, lebih inovatif dan aktif untuk memajukan nagari agar terhindar dari krisis ekonomi," pungkas Bupati Safaruddin. 

Mengamini penyampaian Bupati, Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Conrat Yusuf berharap Perwanaliko dapat berkolaborasi dalam menjawab tantangan tugas yang semakin berat di masa yang akan datang. "Harapannya bisa bekerja sama membantu dalam pembangunan daerah, kehadiran nagari sebagai ujung tombak pemerintah di desa dapat membantu pemerintah daerah dalam menjawab tantangan dan dinamika tugas yang semakin kompleks," ujar AKBP Ricardo Conrat Yusuf.

Sementara itu, Dandim 0306/50 Kota, Letkol M.Deny Nurcahyono meminta Perwanaliko selaku organisasi yang mewadahi wali nagari di Limapuluh Kota hendaknya ikut mendukung kebijakan pemerintah pusat maupun Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota. "Kami meminta para wali nagari untuk mendahulukan kepentingan bersama dibanding kepentingan pribadi maupun golongan, serta wali nagari harus ikut aktif membantu ketua Perwanaliko terpilih agar mampu menjalankan roda organisasi secara maksimal," tandas Letkol Deny. (Rn)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Perwanaliko 2023-2026 Resmi Dilantik, Forkopimda Minta Perwanaliko Ciptakan Energi Positif Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana