Barcelona Menang Tipis 1-0 atas Real Madrid Berkat Gol Bunuh Diri Eder Militao

JAKARTA (RangkiangNagari) - Barcelona sukses membungkam Real Madrid dengan skor tipis 1-0 dalam laga semifinal leg pertama Copa del Rey (Piala Raja Spanyol) di Santiago Bernabeu pada Jumat (3/3) dini hari WIB.

Kemenangan diraih Barcelona berkat bunuh diri Eder Militao pada babak pertama. Sementara itu, Real Madrid dalam pertandingan tersebut tidak sekalipun mencatatkan percobaan on target dari 11 peluang yang mereka ciptakan.

Pertandingan leg kedua akan digelar di kandang Barcelona, Spotify Camp Nou pada 6 April 2023.

Pertandingan belum genap semenit, Real Madrid langsung mengancam Barcelona. Toni Kroos memberikan umpan terobosan ke Luka Modric yang berhasil lolos dari offiside.

Gelandang Kroasia itu tinggal berhadapan dengan kiper Marc-Andre ter Stegen, tetapi tendangannya masih mengenai jaring samping gawang.

Real Madrid mendapatkan peluang lagi pada menit ke-6. Vinicius mendapatkan bola di sisi kiri dan menggiringnya ke kotak penalti Barcelona sebelum melepaskan tendangan yang masih jauh dari target.

Tim tuan rumah berhasil mencetak gol pada menit ke-11. Pemain umpan-umpan pendek berakhir ke kaki Vinicius di sisi kiri sebelum mengirimkan umpan lambung ke Karim Benzema di tiang jauh.

Penyerang Prancis itu mengontrol bola dengan dadanya sebelum melepaskan tendangan voli yang gagal dihentikan Ter Stegen. Namun, gol itu dianulir karena Benzema sudah terlebih dahulu berada di posisi offside.

Real Madrid mendominasi penguasaan bola, sedangkan Barcelona kesulitan membangun serangan saat mereka mengontrol bola.

Barcelona unggul pada menit ke-26 berkat gol bunuh diri Eder Militao. Camavinga melakukan kesalahan dan bola direbut pemain Barcelona sebelum diberikan ke Franck Kessie yang menusuk ke kotak penalti.

Gelandang Pantai Gading itu kemudian melepaskan tendangan yang mengenai Militao sebelum masuk ke gawang kiper Thibaut Courtois. Pada menit ke-36, Barcelona menciptakan peluang lewat tembakan Gavi. Namun, upayanya masih melenceng dari gawang.

Real Madrid memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-41. Kroos mengirimkan umpan lambung ke Dani Carvajal yang tidak terkawal di kotak penalti, sayang tendangan volinya masih melambung tinggi dari gawang Barcelona. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0.

Selepas jeda istirahat, permainan tidak banyak berubah. Real Madrid masih mendominasi penguasaan bola dan Barcelona mengandalkan serangan balik.

Madrid menciptakan peluang pada menit ke-49. Umpan tarik dari Federico Valverde berhasil ditendang Vinicius Junior, sayang tendangannya masih bisa diblok oleh Ronald Araujo. Pertandingan berjalan makin sengit, dengan pertarungan lebih sering terjadi di lini tengah.

Barcelona nyaris mencetak gol kedua pada menit ke-72. Ferran Torres menusuk di sisi kanan dan melepaskan umpan tarik ke Kessie yang tidak terkawal. Namun, tendangannya justru melenceng setelah mengenai Ansu Fati.

Selepas itu, Barcelona bertahan dengan baik dan membuat Real Madrid sulit mendapatkan peluang berarti. Tim tamu berhasil menjaga keunggulan tipis atas rival abadi mereka hingga pertandingan berakhir.

Susunan pemain
Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Daniel Carvajal, Antonio Rudiger, Eder Militao, Nacho (Rodrygo 67′); Toni Kroos ( Aurelien Tchouameni 74′), Eduardo Camavinga, Luka Modric (Alvaro Rodriguez 83′); Federico Valverde, Karim Benzema, Vinicius Junior.

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Ronald Araujo, Jules Kounde, Marcos Alonso, Alejandro Balde; Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Franck Kessie (Sergi Roberto 86′); Raphinha (Ansu Fati 69′), Ferran Torres, Gavi.

 

#Rn

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.