Sassuolo Menang di Laga Sengit Kontra Roma, Juventus Bungkam Sampdoria 4-2

JAKARTA (RangkiangNagari) - Sassuolo memenangi laga sengit kontra AS Roma dengan skor 4-3 pada pertandingan Liga Italia giornata ke-26 yang dimainkan di Stadion Olimpico, Roma, Senin (13/3) dini hari WIB.

Kemenangan beruntun ketiga bagi Sassuolo tersebut membawa mereka menduduki posisi ke-13 klasemen sementara dengan 33 poin. Sedangkan bagi Roma, kekalahan itu membuat mereka tetap menghuni posisi kelima dengan 47 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.
Pada fase awal pertandingan, Georginio Wijnaldum melepaskan tembakan lurus ke arah kiper Andrea Consigli, sedangkan ancaman berikutnya dari Giallorossi dihadirkan melalui sepakan melambung Tammy Abraham.

Meski demikian, justru Sassuolo yang mampu membuka keunggulan melalui serangan nyata pertama mereka pada menit ke-13. Edoardo Bove tidak dapat mengendalikan operan Stephan El Shaarawy untuk memicu serangan balik Sassuolo. Chris Smalling kemudian mampu memblok sepakan Davide Frattesi, kemudian kiper Rui Patricio menepis sepakan Andrea Pinamonti, namun ia tidak mampu berbuat banyak untuk menahan sepakan Armand Lauriente yang menyambar bola pantul.
Sassuolo menggandakan keunggulan pada menit ke-18. Diawali keberhasilan Domenico Berardi mengecoh Leonardo Spinazzola dan memaksa Rui Patricio melakukan penyelamatan, bola kemudian digulirkan kepada Lauriente untuk dikonversi menjadi gol keduanya. 2-0 untuk tim tamu.

Roma memperkecil ketertinggalan mereka pada menit ke-26. Spinazzola mengirimkan umpan silang kepada Nicola Zalewski, yang sepakan volinya mengejutkan kiper Andrea Consigli untuk masuk ke gawang Sassuolo.

Menjelang turun minum, tensi pertandingan meninggi. Berardi menyambar bola untuk memaksa kiper Rui Patricio melakukan penyelamatan di kotak penalti. Namun setelah itu Marash Kumbulla dengan sengaja menyepak Berardi yang masih belum berdiri.

Tindakan itu tertangkap kamera VAR, dan membuat wasit memberi kartu merah kepada Kumbulla, sekaligus menghadiahi penalti kepada Sassuolo. Eksekusi penalti diambil oleh Berardi yang sukses menjalankan tugasnya pada menit ke-49.
Babak pertama pun ditutup dengan skor 3-1 untuk keunggulan tim tamu.

Roma kemudian memasukkan Paulo Dybala dan Rick Karsdorp pada babak kedua. Dybala kemudian segera memberikan dampak dengan mengemas gol melalui sepakan kaki kiri akurat ke sudut atas gawang Sassuolo pada menit ke-50.

Sassuolo hampir mengubah skor menjadi 4-2, saat tembakan Berardi melepaskan tembakan ke mistar gawang Roma. Tetapi gol keempat Sassuolo baru tercipta pada menit ke-75, saat Laurentie mengirim umpan kepada Pinamonti untuk dilesakkan ke gawang tuan rumah.

Roma menolak menyerah. Mereka akhirnya mampu mengemas gol ketiganya pada menit ke-94, saat Smalling mengirim bola kepada Wijnaldum yang berhasil lepas dari perangkap offside, dan melepaskan sepakan cungkil melewati kiper Consigli. Itu juga sekaligus merupakan gol pertama Wijnaldum untuk klub ibukota Italia tersebut.

Susunan pemain:

AS Roma: Rui Patricio, Marash Kumbulla, Chris Smalling, Roger Ibanez, Nicola Zalewski (Cristian Volpato 77′), Edoardo Bove (Paulo Dybala 46′), Nemanja Matic (Mady Camara 56′), Leonardo Spinazzola (Rick Karsdorp 46′), Georginio Wijnaldum, Stephan El Shaarawy, Tammy Abraham (Jordan Majchrzak 77′)

Sassuolo: Andrea Consigli, Jeremy Toljan, Gian Marco Ferrari, Ruan Tressoldi (Martin Erlic 64′), Rogerio (Riccardo Marchizza 87′), Davide Frattesi, Maxime Lopez (Pedro Obiang 64′), Matheus Henrique, Domenico Berardi (Nedim Bajrami 76′), Andrea Pinamonti, Armand Lauriente (Gregoire Defrel 76′

Juventus Menang 4-2

Di pertandingan lainnya, Juventus mengamankan kemenangan 4-2 atas tamunya Sampdoria pada pertandingan Liga Italia giornata ke-26 yang dimainkan di Allianz Stadium, Turin, Senin (13/3) dini hari WIB.

Kemenangan tersebut membawa Juventus naik ke posisi ketujuh dengan 38 poin. Sedangkan Sampdoria yang menelan kekalahan ke-18nya di klasemen masih terpuruk di posisi ke-20 dengan 12 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Sampdoria yang terpuruk di dasar klasemen mencoba mengambil inisiatif sejak awal. Manolo Gabbiadini melepaskan tembakan melebar pada fase awal laga, kemudian ia menembakkan bola lurus ke kiper Mattia Perin setelah Gleison Bremer kehilangan bola.

Bremer kemudian menebus kesalahannya itu beberapa saat kemudian. Pada menit ke-11, pemain Brazil itu menanduk bola tendangan sudut Filip Kostic untuk membuka keunggulan Juventus.

Dusan Vlahovic mendapat umpan terobosan dari Fabio Miretti, namun ia ragu dan upayanya dapat diblok Bruno Amione. Bola tendangan sudut dapat disapu kubu Sampdoria, namun Miretti mengirimkan umpan silang untuk disambut Adrien Rabiot dan mengubah skor menjadi 2-0 pada menit ke-26.

Sampdoria kemudian mampu memperkecil ketertinggalan pada menit ke-31. Medhi Leris melepaskan tembakan yang terdefleksi Danilo, bola lalu mengarah ke jalur pergerakan Tommaso Augello untuk diselesaikan menjadi gol balasan.

Beberapa saat kemudian Alessandro Zanoli menggebrak di sisi kanan, dan ia mengirimkan bola kepada Djuricic yang dituntaskan menjadi gol penyama kedudukan pada menit ke-32. Kedudukan kini menjadi imbang 2-2 dan bertahan sampai turun minum.

Pada awal babak kedua, Bremer menanduk bola dari situasi tendangan sudut yang melebar. Setelah itu Nicolo Fagioli mendapat kartu kuning ketika ia terlihat menekel Djuricic dengan bersih.

Rabiot merestorasi keunggulan Juventus pada menit ke-64. Pemain Prancis itu berlari cepat, pergerakannya ditahan, kemudian ia mengontrol bola dengan operan Fagioli dengan dadanya untuk kemudian melepaskan sepakan keras masuk ke gawang Sampdoria.

Para pemain tim tamu pun memprotes karena menganggap tangan Rabiot mengenai bola, namun setelah dilakukan tinjauan VAR terbukti tidak terjadi handball.

Beberapa saat kemudian, Juan Cuadrado dilanggar Augello di kotak terlarang yang membuat wasit menunjuk titik putih. Namun eksekusi Vlahovic gagal bersarang ke gawang Sampdoria.

Kiper Sampdoria Martin Turk sempat menepis sepakan Matias Soule, dan sepakan Vlahovic terdefleksi oleh Amione. Turk lantas melakukan penyelamatan bagus untuk menepis bola sepakan Cuadrado ke mistar gawang.

Soule menutup kemenangan Juventus dengan golnya pada menit ke-94. Diawali sundulan Vlahovic dari umpan silang Kostic yang masih dapat ditahan kiper Turk, namun Soule menyambar bola pantul untuk mengukir gol perdananya di Liga Italia.

 

#Rn

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.