Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Pasar Raya Padang Relatif Stabil

PADANG (RangkiangNagari) – Pemerintah Kota (Pemko) Padang melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Raya Padang, Rabu (12/4/2023).

Dinas Perikanan dan Pangan, Satuan Tugas (Satgas) Pangan dan semua anggota terkait mendatangi langsung lapak pedagang guna memastikan kebutuhan menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 H nanti.
Kepala Dinas (Kadis) Perikanan dan Pangan Guswardi menjelaskan, setelah melakukan pantauan, harga sejumlah kebutuhan pokok relatif stabil.

“Alhamdulillah, semua stok untuk lebaran nanti dipastikan aman, pula relatif stabil. Bahkan untuk harga cabai yang semulanya Rp30 ribu, sekarang jadi Rp28 ribu,” jelas Guswardi.

Adapun dua kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan yang wajar dikarenakan banyaknya minat dari para pembeli menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kedua kebutuhan itu yakni telur dan daging ayam.

“Untuk telur di harga Rp54 ribu dan diperkirakan saat lebaran nanti bisa sampai Rp60 ribu. Sementara, daging ayam mengalami kenaikan dan penurunan. Ada di angka Rp25 ribu hingga Rp 28 ribu dalam perkiraan,” tambahnya.

Dijelaskannya juga, untuk harga daging sapi stabil di harga Rp150 ribu perkilogram, bawang Rp20 ribu, gula pasir Rp14 ribu, dan minyak goreng Rp18 ribu.

“Alhamdulilah juga, untuk ketersediaan minyak goreng, baik kemasan dan curah masih dengan harga normal. Tersedia dengan cukup,” cecarnya.

Diharapankan ke depannya harga kebutuhan pokok tersebut tidak mengalami perubahan. Jika mengalami kenaikan pun, tidak terlalu signifikan. Seperti cabai yang akan mengalami kenaikan Rp2 ribu.

Untuk harga sayuran, disampaikan, terbilang stabil. Harga wortel dan kol di harga Rp8 ribu untuk per kilogramnya.

“Kepada masyarakat Kota Padang diharapkan tidak panik, karena stok kita akan aman, harga juga stabil. Kita hadapi lebaran ini dengan tenang, senang, dan bahagia,” tuturnya.

Adapun kebutuhan pokok yang berpotensi mengalami kenaikan seperti cabai dan ikan. Dikatakannya, kebutuhan tersebut dipastikan aman dikarenakan memasuki musim panen. 


#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.