Rida Ananda Lantik Dafrul Pasi sebagai Pj. Sekda Kota Payakumbuh

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) - Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda secara resmi melantik Dafrul Pasi sebagai Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh di Aula Ngalau Indah, Balai Kota Payakumbuh, Jumat (19/05).

Sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 tahun 2023 yang mana pada pasal 13 ayat 4 menyebutkan bahwa dalam hal Jpt pratama yang diangkat menjadi Pj. Bupati dan Pj. Wali Kota berasal dari sekretaris daerah, jabatannya diisi dengan Penjabat Sekretaris Daerah sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan.

"Maka berdasarkan persetujuan dari Gubernur Sumatera Barat Nomor: 821/3240/IV/BKD-2023 tanggal 12 Mei 2023 kami melantik saudara Dafrul Pasi M, S.IP., M.M. sebagai penjabat sekretaris daerah kota payakumbuh," kata Pj. Wako Rida Ananda.

Pj. Rida Ananda mengharapkan kepada Sekretaris Daerah untuk berkewajiban membantu Kepala Daerah dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas perangkat daerah serta pelayanan administratif.

Rida, mengungkapkan bahwa Citra dari Pemko Payakumbuh akan sangat banyak ditentukan oleh Sekretaris Daerah.

"Saya berharap kepada Pj. Sekda untuk dapat membantu saya dalam melaksanakan prioritas pembangunan Kota Payakumbuh yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Daerah tahun 2023-2026," ucapnya.

Lebih lanjut, Pj. Rida juga meminta agar disejalankan dengan arahan Gubernur Sumbar untuk penanganan sanitasi persampahan, penumbuhan enterpreneur baru dan kembangkan potensi pertanian dan peternakan.

"Selain itu, saya juga minta diselaraskan dengan prioritas nasional sesuai dengan arahan presiden dalam penanganan stunting, pengentasan kemiskinan ekstrim, pengendalian inflasi daerah, pemulihan ekonomi, Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan dukungan penyelenggaraan pemilukada 2024," pintanya.

Orang nomor satu di Payakumbuh itu mengatakan, saat ini pemerintahan dihadapkan pada dinamika globalisasi yang terus tumbuh dengan pesat. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi ruang yang tak terbatas dan menyentuh seluruh sendi kehidupan bermasyarakat.

Oleh karena itu, fungsi pemerintahan sebagai fungsi pelayanan, pembangunan dan pemberdayaan harus mampu diemban dengan baik, dan mengikuti dinamika yang terus berkembang tersebut.

"Kita harus melayani bukan dilayani. Mari kita ubah mindset primordial menjadi pola pikir yang modern dan berkemajuan.
Sudah saatnya kita semua untuk memacu diri, terus mengasah kemampuan dan kapasitas, agar mampu berdaya saing dalam gerak pemerintahan yang harus bergerak cepat, tepat, efektif dan efisien," ujarnya.

Terakhir, dia menyampaikan selamat dan sukses kepada Pj. Sekda yang baru saja dilantik, tunaikan tugas dengan sebaik-baiknya, tingkatkan terus kinerja dan pembinaan kepada seluruh ASN. Pelihara kebersamaan dan sinergi dalam pelaksanaan tugas dan pengabadian.

"Selamat bekerja. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan keberkahan dan perlindungan-nya kepada kita semua dalam membangun Kota Payakumbuh yang kita cintai. Aamiin," pungkasnya.

Pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus, unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota, Pimpinan Instansi Fertikal, BUMN, BUMD, Asisten II Elzadaswarman, Asisten III Ifon Satria Chan, Kepala OPD, Camat, Lurah serta tamu undangan lainnya.

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.