Latest News

Dua hari Kunker di Partomuan, Benny Utama tidur ditenda pinggir sungai

Pasaman (Rangkiangnagari) - Banyak hal yang dilaksanakan pasca dua hari kunjungan kerja Bupati Pasaman ke Jorong Patomuan Nagari Muaro Sungai Lolo Kecamatan Mapat tunggul selatan dari tanggal 5 sampai dengan tanggal 6 agustus 2023.

Mengawali perjalanan Bupati tersebut, Benny Utama berkesempatan menyapa pedagang dan masyarakat dilokasi pasar Sungai pandahan Lubuksikaping, dimana hal tersebut dilakukan untuk melihat langsung kegiatan hari pasar daerah tersebut sekaligus memantau harga kebutuhan pokok masyarakat.

Disamping itu Benny Utama dan rombongan OPD juga berkesempatan meninjau Los Pasar silayang, Kepada Camat setempat Bupati Pasaman berpesan ,kiranya lost pasar yang cukup bagus tersebut dapat dipergunakan masyarakat untuk jual beli dan kegiatan masyarakat lainya.

Dalam kesrmpatan tersebut Benny Utama juga menyapa tokoh dan masyarakat setempat sambil mendengarkan aspirasi dari masyarakat.

Dengan memakai beberapa Motor Boat, Rombongan Bupati harus melewati derasnya sungai batang kampar yang ditempuh selama 4 jam perjalanan, tidak menyulutkan untuk hadir di daerah Patomuan tersebut.

Kehadiran Bupati Pasaman H.Benny Utama, beserta Asisten I, Asisten II,  Kepala OPD, Direktur Rumah Sakit Dr.Yong Marzuahaili, Kalpolsek Mapat Tunggul AKP. Gusmal  termasuk beberapa Kabag, Kabid, dan ketinggalan juga hadir mantan Wakil Bupati Pasaman " Danil, disambut hangat oleh seluruh masyarakat Patomuan.

Hari pertama kehadiran Benny Utama didaerah tersebut dilaksanakan silaturahmi dan aneka kegiatan dengan masyarakat setempat yang diselenggarakan pada malam hari dipinggir sungai yang dilaksanakan di pinggir sungai.

Pada hari kedua kunjungan Bupati tersebut dilaksanakan pembukaan larangan pengambilan ikan sungai setempat yang dibuka langsung oleh Bupati Pasaman H.Benny Utama yang ditandai oleh peplemparan pertama jala oleh Benny Utama.

Ratusan warga setempat termasuk dari daerah lain yang datang mempergunakan perahu mesin, ikut  ambil bagian pada pengambilan ikan larangan tersebut.

Seperti yang disampaikan oleh peserta pengambilan ikan tersebut Yunis mengatakan, Kami sangat puas dengan jumlah ikan sungai yang sangat banyak tersebut, dan dengan hadirnya Pak Benny ke daerah kami, menambah semangat bagi kami, sambil mengambil ikan dari jalanya.

Jorong Patomuan  jumlah KK 169, mempunyai Jumlah datuak 5 dari 5 suku yang ada, masing masing datuk ada yang mempunyai rumah tua atau rumah adat sebanyak 3 buah, sementara jumlah masjid ada 1 buah, Musholla 2 buah, dan sekolah SD, SMP, ujar Kepala jorong Hermol Yunisal.

Sementara mata pencarian atau sumber perekonomian keluarga bersumber pada Perkebunan gambir, dan perkebunan lainya.

Hermol juga menjelaskan, Kegiatan pengambilan ikan larangan tersebut sebelumnya dilaksanakan 3 tahun yang lalu,  sehingga kondisi ikan yang ada cukup besar dan jumlahnya cukup banyak, sementara Ikan Gariang (red. bahasa minang)  mondominasi jenis ikan didaerah ini.

Sementara itu Bupati Pasaman pada kesempatan terssebut meengatakan, Pemerintah daerah Kabupaten Pasaman serius menjalankan visi dan misinya, diantaranya adalah dengan telah selesainya pengerjaan puluhan kilo meter jalan hotmix menuju daerah Muaro sungai lolo ditambah lagi saat ini sedang diupayakan penyelesaian beberapa kilo jalan yang tersisa.

Dengan selesainya jalan tersebut, akan dapat meningkatkan roda perekonomian daerah tersebut, disamping itu nantinya akan dapat sama dengan daerah lain yang ada di Kabupaten Pasaman, harap Benny Utama.

Disamping itu Benny Utama juga memberikan perhatian khusus terhadap sektor keagamaan, itu ditandai dengan adanya bantuan secara pribadi pada masjid daerah tersebut yang diterima langsung oleh pengusrus masjid setempat ,ditambah lagi dengan pengajuan proposal kepada Pemerintah daerah guna kelanjutan perbaikan masjid tersebut.

Dalam kesempatan yang sama Benny utama juga berharap, kegiatan tradisi lepas ikan larangan sungai tersebut dapat dipertahankan, bahkan bisa lebih ditingkatkan, 

Dalam hal kebutuhan penerangan, diharapkan pembangkit listrik tenaga tenaga matahari yang sedang dikerjakan dapat rampung dengan baik dalam waktu dekat hingga kebutuhan listrik didaerah tersebut dapat terpenuhi, tutup Benny Utama, 

Benny Utama dalam  kunjungan kerjanya kedaerah tersebut, bermalam dipinggiran sungai dengan memakai tenda seadanya yang di siapkan oleh ptuga BPBD Pasaman, dan tidak hanya itu Bupati dan rombongan hanya makan nasi bertemankan ikan sungai yang di panggang dipinggir sungai hasil dari tangkapan.(Rn/Tio)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Dua hari Kunker di Partomuan, Benny Utama tidur ditenda pinggir sungai Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana