Seleksi CASN 2023 Sumbar Digelar Tiga Hari di Unand

PADANG (RangkiangNagari) – Universitas Andalas (Unand) menjadi tempat pelaksanaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 Wilayah Sumbar yang digelar tiga hari, Senin sampai Rabu (13-15/11).

Perencana Ahli Madya Unit Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Kepegawaian Negara (BKN), Achmad Yusaq yang hadir memantau pelaksanaan hari pertama seleksi mengatakan, kalau pihaknya memilih Unand menjadi koordinator pelaksana CASN 2023.

Selain Unand, ada beberapa instansi yang ikut masuk ke dalam gabungan pelaksanaan CASN di wilayah Sumbar yaitu Universitas Negeri Padang, Institut Seni Indonesia Padang Panjang, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, dan LLDikti Wilayah X.

Adapun untuk pelaksanaan seleksi ini digelar di tiga titik di Unand, yaitu di fakultas Kedokteran, fakultas farmasi
Dan laboratorium di fakultas ekonomi dan bisnis.

Kemudian dia juga menyebutkan, ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CASN diikuti oleh 3.374 peserta. Rinciannya SKD CPNS berjumlah 2.881 orang, SKD PPPK tenaga kesehatan 195 orang, dan PPPK teknis 298 orang.

Dia juga mengatakan, yang bisa masuk ke lokasi yang ditetapkan itu hanya peserta ujian CASN. Tapi, hasil ujian dapat dimonitor di Fakultas Kedokteran termasuk melalui kanal YouTube yang telah disiapkan.

Pada kesempatan itu Achmad juga menegaskan kalau BKN dalam pelaksanaan seleksi ini juga berupaya membangun transparansi. Setidak dari mulai pendaftaran, seleksi hingga pengangkatan dapat dipantau secara terbuka dan real time.

Di pelaksanaan hari pertama Achmad mengatakan sebanyak 322 orang yang hadir mengikuti seleksi di sesi pertama hari pertama. Adapun di hari pertama digelar empat sesi, dan di hari ketiga tiga sesi.

“Untuk materi seleksi, dari tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum dan tes karakteristik pribadi,” tukasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Unand Bidang Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi, Insannul Kamil mengatakan seleksi CASN dilaksanakan selama tiga hari terhitung 13 hingga 15 November 2023.

Ia mengatakan selama pelaksanaan seleksi CASN, Unand telah berkoordinasi dengan perusahaan listrik negara (PLN) setempat untuk memastikan pasokan atau aliran listrik terjaga dengan baik.

“Seminggu terakhir Unand telah menyiapkan berbagai hal seperti komputer, jaringan internet, sistem hingga berkoordinasi dengan PLN untuk jaminan aliran listrik selama ujian berlangsung,” ujarnya.

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.