Satu-satunya di Sumatera, Pemko Payakumbuh Raih Penghargaan Implementasi RB Tematik Terbaik dari Kemenpan RB

Payakumbuh (RangkiangNagari) – Pemerintah Kota Payakumbuh meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sebagai Instansi Pemerintah dengan Implementasi RB Tematik Terbaik Pada Semua Tema Tahun 2023. Kota Payakumbuh menjadi satu-satunya pemerintah daerah di Sumatera yang berhasil mendapatkan penghargaan di kategori tersebut.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas kepada Pj Wako Payakumbuh Jasman diwakili Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda saat kegiatan hasil evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), Reformasi Birokrasi (RB), serta Zona Integritas (ZI) tahun 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Rabu (06/12/2023).

Kegiatan tersebut juga dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin yang juga menyerahkan hasil AKIP, RB, serta ZI Tahun 2023 untuk sejumlah kategori.

Sekda Kota Payakumbuh Rida Ananda mengaku bersyukur atas penghargaan Instansi Pemerintah dengan Implementasi RB Tematik Terbaik Pada Semua Tema Tahun 2023 yang telah diberikan oleh Kementerian PANRB untuk Pemerintah Kota Payakumbuh.

“Alhamdulillah Kota Payakumbuh satu dari 12 daerah di Indonesia yang mendapatkan penghargaan ini. Kota Payakumbuh juga satu-satunya daerah dari Pulau Sumatera yang mendapatkan penghargaan ini,” ujarnya.

Adapun 12 daerah yang meraih penghargaan Implementasi RB Tematik terbaik Tahun 2023 yakni Provinsi Bali, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Kalimantan Timur, Kota Payakumbuh, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Tapin.

Selanjutnya Kabupaten Klungkung, Kota Tangerang, Kota Bogor, Kota Yogyakarta, Kota Semarang, dan Kota Kotamobagu.

Rida mengatakan untuk RB Tematik terdapat empat sasaran atau tema yakni Penanggulangan Kemiskinan, Peningkatan Investasi, Digitalisasi Administrasi Pemerintahan yang difokuskan pada penanganan stunting, dan terakhir Percepatan Prioritas Aktual Presiden yaitu Penanganan Inflasi dan Belanja produk dalam negeri melalui e katalog.

“Pemerintah Kota Payakumbuh dinilai berhasil memenuhi semua sasaran ini sehingga berhasil mendapatkan penghargaan ini,” katanya.

Menurutnya penghargaan ini didapatkan Pemerintah Kota Payakumbuh karena dukungan penuh dari Pj Wali Kota, semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seluruh pemangku kepentingan (stakeholder), dan tentunya masyarakat.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama untuk terus memberikan yang terbaik kepada masyarakat Kota Payakumbuh. Semoga ke depan kita dapat terus memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Pj Wako Payakumbuh Jasman mengungkapkan rasa bangga dan terimakasihnya kepada seluruh OPD dan semua pihak yang telah bekerja sama sehingga Pemko Payakumbuh menerima penghargaan dari Kementerian PANRB.

“Penghargaan ini harus menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Jangan berpuas dengan penghargaan yang telah diterima terus berinovasi dan berikan yang terbaik,” ujarnya.

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.