Upacara peringatan HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke 52 berlangsung khitmad


Payakumbuh (RangkiangNagari) – Upaca peringatan HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke 52 berlangsung khitmad di halaman Balai Kota Payakumbuh, Rabu (29/11/2023).

Bertindak selaku pembina upacata, Ketua Dewan Pembina Korpri Kota Payakumbuh Rida Ananda, Komandan Upacara Camat Payakumbuh Utara Jhonny Parlin serta diikuti oleh Asisten, Staf Ahli, dan seluruh OPD di Lingkungan Pemko Payakumbuh.

Dalam amanatnya Ketua Dewan Pembina Korpri Kota Payakumbuh menyampaikan sambutan Ketua Dewan Pembina Korpri Nasional menyampaikan, apresiasi dan berterima kasih atas dedikasi dan pengabdian 4,4 juta ASN dan seluruh keluarga besar KORPRI.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada KORPRI dan seluruh ASN atas semua program yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” katanya.

Ia menyebut, saat ini terjadi perubahan yang sangat cepat karena dua hal besar yaitu karena perkembangan teknologi dan karena perubahan harapan Masyarakat yang terus meningkat.

Dua faktor besar pengubah kehidupan ini harus disikapi oleh KORPRI. Saat ini dunia sudah digerakan oleh AI (Artificial inteleigence), IoT (internet of thing), Big Data, sistem dan algoritma pemrograman, coding, maupun verifikasi biometrik.

“Seiring perkembangan zaman, kita tidak bisa lagi menggerakan pemerintahan dengan cara-cara lama. Kita tidak boleh menyelesaiakan masalah saat ini dengan pendekatan masa lalu. Kita harus menyelesaikan masalah yang ada saat ini dengan pendekatan yang paling update,” ucapnya.

Dewasa ini, harapan masyarakat terhadap pemerintah semakin meningkat tajam. Masyarakat sangat berharap pemerintah memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih mudah, lebih akurat. Layanan saat ini sudah harus bisa diakses secara online, cepat dan tepat.

“Untuk itu, saya minta KORPRI mampu membaca dan menjawab perubahan ini guna mengembangkan birokrasi Indonesia yang betul-betul mampu menjadi motor penggerak menuju Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

Ia berpesan, sebentar lagi akan ada dua iven besar diselur Indonesia, yaitu pemilu presiden dan pilkada. Ini selalu dikaitkan dengan netralitas ASN dan netralitas KORPRI.

Tahun 2024 akan berlangsung pemilihan Presiden, DPR, DPD, DPRD dan pemilihan 38 Gubernur/wakil Gubernur dan 514 Bupati/Wakil Bupati/Walikota/Wakil Walikota.

“Ini merupakan proses demokratisasi terbesar di dunia. Saya percaya bahwa KORPRI sudah sangat paham dan terlatih untuk tetap berada dalam posisi netral dan tegak lurus dengan Negara, Pancasila dan UUD 1945,” ujarnya.

Selanjutnya, Rida mengucapkan selamat HUT Korpri ke 52. Pengabdian dan hasil kerja seluruh jajaran KORPRI selalu dinantikan oleh masyarakat, bangsa dan negara.

“Selamat hut korpri ke 52, tetap menjadi abdi negara yang melayani masyarakat dengan jiwa tulus, ramah dan adil. Tetap menjadi agen pelayanan publik terbaik, bekerja dengan cerdas demi kesejahteraan masyarakat kita,” ucap Rida.

Rida mengatakan, pada HUT Korpri ke 52, Dewan Pengurus Korpri Kota Payakumbuh telah mengadakan beberapa kegiatan. Mulai dari tanggal 25-29 November 2023.

Adapun kegiatan yang dilaksankan, sebagai berikut: Sepak Bola antar lingkup Asisten, jalan sehat serentak seluruh anggota Korpri, lomba permainan dan hiburan, Lomba lagu antar lurah, lomba lagu antar OPD, lomba MTQ, Upacara HUT Korpri ke 52, ziarah taman makam pahlawan dan anjangsana.

“Habis upacara tadi kita ziarah ke taman makam pahlawan Kusuma Bangsa. Kemudian kita lanjutkan anjangsana ke rumah ASN aktif dan ASN purna tugas yang ditimpa musibah/sakit di Kelurahan Ibuh dan Kelurahan Tanjuang Gadang Sungai Pinago,” pungkasnya.

Di kesempatan itu juga diberikan penghargaan kepada ASN dan OPD yang bertajuk KORPRI Awards

a. Kategori ASN Disiplin
Jenjang Administrator/setara : Armein Busra, S.Kom. (Dinas Kominfo)
Jenjang Pengawas/setara : Dewi Afrianti, SE (Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian) Jenjang
Pelaksana/setara : Muthia Mahrizoni, SE (Setdako)

b. Kategori ASN Inovatif
Harsemarozi, S.I.Kom (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil)
Nopan Pirsa, S.Kom, M.Kom (Dinas Kominfo)
Titi Fanny gusti, S.STP (Lurah Koto Panjang)

c. Lifetime Achievement
Erimiati (Masih berkarya di Baznaz)
Erniroska (Masih berkarya di PKK)
Ismet Ibrahim (Masih berkarya di Forum Penataan Ruang)

d. Perangkat Daerah
Realisasi Anggaran Tertinggi: Inspektorat
Nilai SAKIP Tertinggi: Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian
Nilai SKM Tertinggi: Dinas Penanaman Modal dan PTSP
Komitmen P3DN Terbaik: Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
Presensi Tertinggi: Dinas Ketahanan Pangan
Tanpa Temuan: Dinas Ketahanan Pangan

Serta pemuncak lomba yang dilaksankan selama kegiatan HUT KORPRI ke 52.

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.