H Darizal Basir Disambut Antusias Warga Nagari Taluak Batang Kapas

Painan (Rangkiangnagari) - Calon Anggota Legislatif (CALEG) DPR RI, Daerah Pemilihan (DAPIL) Sumbar 1 H Darizal Basir. Menggelar kampanye terbuka di Kampung Rimbo Tangah, Nagari Taluak, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Rabu (7/2) disambut antusias ratusan masyarakat pendukung dan simpatisan. 

Bupati Pessel dua periode yakni, (1995-2005) tersebut, datang didampingi istri Ny Hilda Fitri Ayu Darizal. Turut hadir Tenaga Ahli (TA) DPR RI, Suherman dan 

Ketua Koordinator Pemenangan, Evilindo, bersama tim. 

Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Taluak, terlihat hadir dalam acara itu. Seperti, Nasir, Datuak  Lambuik Kayo dan lainnya. 

Darizal Basir dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih, kepada semua masyarakat dan para simpatisan yang sudah menyempatkan diri hadir dalam kampanye terbuka tersebut. 

Dijelaskannya, bahwa maju kembali sebagai Calon Anggota DPR RI dari Partai Demokrat daerah pemilihan (Dapil) Sumbar 1 dengan nomor urut 1 itu adalah untuk mempertahankan kursi DPR RI yang berasal dari putra Pesisir Selatan.

"Sebab bila peluang ini tidak dilakukan, maka kehadiran putra Pessel untuk kembali memiliki wakil di tingkat pusat akan hilang, bahkan bisa saja kursi DPR RI dari Partai Demokrat Dapil Sumbar 1," ungkapnya. 

Berdasarkan hal itu sehingga dia mengharapkan dukungan dari masyarakat untuk datang ke TPS pada tanggal 14 Februari 2024 nanti untuk menyalurkan hak suaranya. 

"Tentunya dengan memilih Caleg DPR RI dari Partai Demokrat pada nomor urut 1 H Darizal Basir, dengan kartu suara berwarna kuning," jelasnya.

Darizal juga menjelaskan bahwa pada pemilu 14 Februari 2024 nanti pemilih akan menerima 5 surat suara, tiga lembar surat suara hanya nama, dan dua lembar lainnya memakai foto yaitu untuk presiden dan DPD.

"Masing-masing kita nanti akan dapat lima surat suara. Warna abu-abu surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden RI, merah surat suara pemilihan DPD RI,  kuning  surat suara pemilihan DPR RI, biru surat suara pemilihan DPRD provinsi dan hijau surat suara pemilihan DPRD kabupaten/kota," katanya. 

Sebagaimana diketahui, Darizal Basir merupakan mantan Bupati Pesisir Selatan 2 periode (1995-2005) dan menjadi anggota DPR RI 3 periode dari 2009 sampai sekarang, dan kini maju kembali sebagai Calon Anggota DPR RI.

Selama menjabat sebagai Bupati Pesisir Selatan sudah banyak yang dilakukan untuk kemajuan daerah itu.  Seperti membuka kawasan Wisata Bahari Mandeh, di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kota Terpadu Mandiri (KTM) di Kecamatan Silaut, Jalan tembus Bayang Alahan Panjang. Termasuk juga jalan tembus Kambang Muarolabuah yang hingga saat ini masih dalam perjuangan. 

"Untuk jalan tembus Kambang Muarolabuah Kabupaten Solok Selatan sampai saat ini masih terkendala. Ini disebabkan karena melalui hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), sedangkan jalan Bayang Alahan Panjang saat ini sudah dikerjakan dan sudah bisa dilewati," ujarnya.

Tembusnya jalan Bayang Alahan Panjang saat ini sudah menjadi sumber perekonomian baru, seperti orang yang dari solok sudah bisa ke Pessel tanpa membutuhkan waktu yang lama, atau hemat waktu hingga 3 jam dari 5 jam sebelumnya. 

"Kemudian Objek Wisata Bahari Mandeh sekarang sudah mendunia dan menjadi icon wisata nasional, tentunya ini menjadi kebanggaan kita semua," paparnya.

Kemudian tambahnya, di Kecamatan Silaut sekarang masyarakatnya sudah sukses dengan hasil perkebunan kelapa sawitnya , untuk di Kecamatan Koto XI Tarusan, selain kawasan wisata Mandeh yang sudah mendunia, saat ini sedang berjalan pembangunan Daerah Irigasi (DI) Sawah laweh yang saat ini sedang berjalan.

Selain itu katanya, selama Ia menjadi anggota DPR RI berbagai program untuk menggenjot perekonomian masyarakat sudah banyak dia bawa ke kabupaten Pesisir Selatan.  Seperti program pertanian yaitu alat-alat pertanian, pemecah gelombang atau pengaman bibir pantai yang tersebar di kabupaten Pesisir Selatan.

Dukungan itu juga disampaikan secara langsung oleh tokoh masyarakat Nagari Taluak Batang Kapas, Nasir Datuak  Lambuik Kayo, yang juga hadir dalam kesempatan itu. 

"Sebagai tokoh masyarakat saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak Darizal Basir yang telah melaksanakan kegiatan kampanye terbuka di nagari kami ini. Ternyata mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Tapi perlu diketahui bahwa masyarakat yang hadir di sini tidak saja warga Nagari Taluak, tapi juga dari Nagari Taluak Tigo Sakato. Pada dua nagari ini jumlah wajib pilihnya ada sebanyak 4.200 orang lebih dan tersebar di 14 TPS," jelasnya.

Dia menambahkan bahwa masyarakat dua nagari itu memang berharap Darizal Basir maju lagi sebagai calon anggota DPR RI pada Pemilu tahun 2024. 

"Kini, beliau sudah jadi anggota DPR RI tiga periode. Kami tetap mendukung beliau untuk periode selanjutnya," harapnya. (Rn/Dd)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.