Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Persiapan Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi Paskibraka 2024, Catat Tanggalnya

Payakumbuh (RangkiangNagari) - Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Payakumbuh menyelenggarakan rapat pelaksanaan persiapan rekrutmen dan seleksi calon Paskibraka tingkat Kota Payakumbuh Tahun 2024 di Aula Kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh, Kamis (07/08/2024).

Rapat yang dipimpin oleh Kepala Kesbangpol Payakumbuh Dipa Surya Persada tersebut turut dihadiri oleh Kapolresta Payakumbuh, Dandim 0306/50 Kota, Danyon 131 Braja Sakti, Kadis Kesehatan, Kadis Kominfo, Kepala Kemenag, Kacabdin Wilayah IV Sumatera Barat, Kadisparpora, guru pembina Paskibraka tingkat SLTA se-Kota Payakumbuh, serta PPI Kota Payakumbuh.

Rekrutmen dan seleksi Paskibraka tingkat Kota Payakumbuh ini mendasar kepada Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Kepala Kesbangpol Payakumbuh Dipa Surya Persada menyampaikan bahwa seleksi harus dilaksanakan secara transparan, serta memenuhi standar/norma atau SOP yang telah ditetapkan agar menghasilkan output yang dapat dipertanggungjawabkan.

“Rapat ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada masing-masing instansi mengenai alur seleksi Paskibraka tahun 2024. Harapannya, Paskibraka yang terpilih merupakan bibit terbaik sehingga mampu bertugas memberikan yang terbaik bagi Kota Payakumbuh,” ujarnya.

Dikatakan Dipa, Pemko Payakumbuh juga mengharapkan tim penyeleksi dapat mengadakan proses seleksi yang optimal guna melahirkan Paskibraka terbaik dari Payakumbuh the City of Randang.

“Kita harapkan tim penyeleksi teliti dan jeli dalam melakukan proses seleksi dan rekrutmen ini, supaya bisa menjaring bibit yang benar-benar potensial untuk mengharumkan nama Kota Payakumbuh di kancah nasional,” imbuhnya lagi.

Kemudian, Dipa menegaskan bahwa semua pihak yang tergabung dalam mempersiapkan Paskibraka, agar saling bekerjasama dan menyampaikan apa yang kurang dan apa yang harus diperbaiki, agar Paskibraka Payakumbuh tahun 2024 berhasil dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Mari kita kawal bersama proses rekrutmen dan seleksi Paskibraka tingkat Kota Payakumbuh tahun 2024 ini secara transparan, terpercaya, dan sesuai aturan yang berlaku,” tutupnya.

Adapun pendaftaran untuk calon paskibraka Kota Payakumbuh dilakukan secara online pada laman https://paskibraka.bpip.go.id dimulai pada tanggal 12 s/d 25 Maret 2024.

Bentuk rekrutmen dan seleksi Paskibraka tersebut terdiri dari Pendaftaran Peserta, Seleksi Administrasi, Seleksi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Seleksi Intelegensia Umum, Seleksi Kesehatan dan Parade, Seleksi Peraturan Baris Berbaris (PBB), Seleksi Kesemaptaan, dan Seleksi Kepribadian (Wawancara, Penelusuran Minat, Bakat, dan Rekam Jejak Di Media Sosial).

Sementara, rincian rencana jadwal pembentukan Paskibraka Tahun 2024 di Kota Payakumbuh adalah sebagai berikut :

Pengumuman Pendaftaran : 12 s/d 25 Maret 2024
Seleksi Administrasi : 26 Maret 2024
Seleksi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan : 27 Maret 2024
Seleksi Intelegensi Umum : 27 Maret 2024
Seleksi Kesehatan dan Parade : 28 Maret 2024
Seleksi PBB : 16 April 2024
Seleksi Kesemaptaan : 17 April 2024
Seleksi Kepribadian (Wawancara, Penelusuran Minat, Bakat, dan Rekam Jejak Di Media Sosial) : 18 April 2024
Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Tingkat Kota : 20 April 2024.

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.