Hari Otonomi Daerah, Hanya Dharmasraya Kabupaten dari Sumatera Diundang Terima Piagam Penghargaan

PADANG (RangkiangNagari) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya satu-satunya dari Provinsi Sumatera Barat diundang untuk menerima piagam penghargaan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (PPD) 2024 pada Kamis 25 April 2024 di Kota Surabaya.

"Benar, dari undangan yang kita terima, hanya Kabupaten Dharmasraya yang diundang dari Sumatera Barat, bahkan dari pulau Sumatera,"sebut Bupati Dharmasraya, Riska Tuanku Kerajaan dihubungi dari Padang, Senin (22/4/2024).
Dikatakannya, Dharmasraya mendapatkan penilaian yang terbaik dalam pengelolaan pemerintah daerah. Hasil tersebut tidak terlepas dari konsistennya perangkat daerah dalam menyelenggarakan pemerintah.
"Kita tahu tujuan penilaian PPD untuk melihat bagaimana kinerja penyelenggara pemerintah daerah dalam mencapai penyelenggaraan otonomi daerah berdasarkan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik,"ungkapnya.
Dari undangan tertanggal 19 April tersebut, dalam rangka Hari Otonomi ke XXVIII Kementrian Dalam Negeri memberikan penghargaan atas prestasi penyelenggaraan pemerintah daerah.
Penghargaan tesebut diberikan berdasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan (EPPD) pemerintah daerah secara nasional tahun 2023. Atas penyelenggaraan pemerintah daerah tahun 2022.
Diketahui sebelumnya, Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri mengeluarkan hasil evaluasi penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) Tahun 2023, berdasarkan LPPD Tahun 2022. Dari daftar itu hanya Kabupaten Dharmasraya yang masuk 10 besar.

Dari data tersebut, Dharmasraya meraih skor 3.5036 poin atau dengan status tinggi. Perolehan tersebut menasbihkan Dharmasraya menjadi kabupaten tetinggi penilaian EPPD di tingkat kabupaten dan kota di Sumbar.
Sebagaimana biasanya, Kementrian Dalam Negeri memberikan piagam penghargaan pada tiga kategori penyelenggara pemerintah daerah. Yakni pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan pemerintah kota.
A. Pemerintah Provinsi

1. Jawa Timur

2. Jawa Tengah

3. DKI Jakarta
4. Jawa Barat

5. DI Yogyakarta

B. Pemerintah Kabupaten

1. Banyungwangi
2. Wonogiri

3. Bojonegoro

4. Indramayu

5. Sumedang

6. Badung
7. Bantaeng

8. Dharmasraya

9. Wonosobo

10. Banyumas

11. Hulu Sungai Selatan
12. Konawe

13. Lamongan

14. Klaten

C. Pemerintah Kota

1. Surabaya
2. Surakarta

3. Makassar

4. Tangerang

5. Semarang
6. Medan

7. Palembang

8. Samarinda
9. Metro

10 Denpasar


#Rn


Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.